Ramdan, Rifki Muhamad (2023) paya meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an melalui penerapan metode Murottal : Penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas IX SMP Plus Al-‘Ashr Al-Madani Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (288kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMP Plus Al-‘Ashr Al-Madani melalui observasi terhadap kegiatan menghafal Al-Qur’an di lingkungan sekolah, didapatkan informasi bahwa salah satu upaya untuk meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa yakni dengan menerapkan metode murottal. Penerapan metode murottal merupakan salah satu metode yang tepat digunakan dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an agar siswa tidak hanya mampu menghafal ayat-ayatnya, melainkan mereka juga mampu membaca dengan benar sesuai dengan kaidah tajwidnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) Kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa sebelum menerapkan metode murottal (2) Proses penerapan metode murottal (3) Kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa setelah diterapkannya metode murottal yang digunakan dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an. Penelitian ini dilakukan di SMP Plus Al-‘Ashr Al-Madani Kota Bandung yang disajikan dalam bentuk penelitian kuantitatif. Dengan Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes lisan. Adapun analisis datanya yaitu dengan mengguankan analisis deskriptif dan analisis Quasi-Eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Tingkat kemampuan hafalan Al-Qur’an pada Siswa kelas IX-A sebelum mendapatkan treatment metode murrotal dengan kategori Belum menguasai sebanyak 13 orang (43,33%), Cukup menguasai sebanyak 17 orang (56,67%). Tingkat hafalan pada Siswa Kelas IX-A setelah mendapatkan treatment metode murrotal dengan kategori Cukup menguasai sebanyak 7 orang (23,33%) dan sangat menguasai 23 orang (76,67 %). Hal ini dapat diketahui bahwa banyak siswa yang meningkat dalam kemampuannya menghafal Al-Qur’an setelah diberi treatment metode Murrotal. 2) Hasil analisis N-Gain yang telah dilakukan. Siswa kelas IX-A (eksperimen) yang diberi treatment metode murottal tergolong baik dan termasuk ke dalam kategori sedang. Hal ini terbukti dengan nilai rata-rata yang mengalami peningkatan secara signifikan yang mana perolehan nilai rata-rata pre-test sebesar 12,77 dan setelah diterapkannya metode murottal diperoleh nilai rata-rata sebesar 27,97. Sedangkan siswa kelas IX-B (kontrol) yang tidak diberi treatment metode murottal termasuk ke dalam kategori rendah. Artinya tidak teradapatnya peningkatan secara signifikan dengan nilai rata-rata pre-test 9,70 dan post-test sebesar 9,97. 3) Setelah menggunakan Uji Wilcoxon dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa kelas IX-A sebelum dan sesudah diberi Metode murottal, dengan p value= 0,000< α (0,05) artinya bahwa terdapat pengaruh dari penerapan Metode murottal terhadap tingkat kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa kelas IX-A.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Murottal; Meningkatkan Hafalan. |
Subjects: | Science and Religion Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhamad Ramdan Rifki |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 07:14 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 07:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83924 |
Actions (login required)
View Item |