Pengembangan wawasan keislaman melalui rumah Maiyah Lingkar Daulat Malaya : Studi deskriptif pada masyarakat Maiyah Desa Tawangsari Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya

Farhan, Muhamad Afdinal Awaluddin (2023) Pengembangan wawasan keislaman melalui rumah Maiyah Lingkar Daulat Malaya : Studi deskriptif pada masyarakat Maiyah Desa Tawangsari Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi seputar program dan kegiatan serta dampak yang dihasilkam pengembangan wawasan keislaman yang diimplementasikan di Rumah Maiyah Lingkar Daulat Malaya. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi ragam kegiatan yang ada. Latar belakang dari penelitian ini adalah karena bencana dari umat muslim yang mengalami kemunduran dalam bidang pengetahuan dan ketidaksiapan para masyarakat maiyah lingkar daulat malaya dalam menghadapi perkembangan zaman sehingga membutuhkan strategi yang tepat untuk membebaskan diri dari masalah tersebut. Teori yang di pakai dalam penelitian ini adalah teori dari Dewi yang menjelaskan bahwa pengembangan merupakan upaya pembelajaran baik resmi ataupun non resmi yang dilaksanakan secara sadar, berencana, terencana, tertib, serta bertanggung jawab dalam rangka memperkenalkan, meningkatkan, membimbing, meningkatkan suatu dasar karakter yang balance, utuh, selaras, pengetahuan, keahlian cocok dengan bakat, kemauan dan keahlian keahlian selaku bekal atas prakarsa sendiri buat menaikkan, tingkatkan, meningkatkan diri ke arah tercapainya martabat, kualitas serta keahlian manusiawi yang maksimal serta individu mandiri. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara, dan analisis dokumen. Data yang terkumpul akan dianalisis secara kualitatif untuk memberikan gambaran yang komprehensif mengenai upaya pengembangan wawasan keislaman di Rumah Maiyah Lingkar Daulat Malaya. Hasil dari penelitian ini adalah adanya penrkembangan yang dirasakan oleh para penggiat khususnya dalam bidang kesadaran beragama. Selain itu berkembangnya wawasan baik itu umum maupun wawasan keislaman menimbulkan dampak yang signifikan dalam kehidupan mereka. Hal ini ditandakan dengan mereka menjunjung tinggi nilai etika dan moralitas serta nilai keislaman dalam kehidupanya sehari-hari. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Rumah Maiyah Lingkar Daulat Malaya memiliki peran yang signifikan dalam memperluas pengetahuan keislaman di kalangan masyarakat. Program-program yang dijalankan di rumah tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman keislaman dan pengembangan diri secara holistik. Dampak yang dihasilkan ditandai dengan masyarakat yang terlibat mendapatkan manfaat dalam peningkatan wawasan keislaman mereka. Hal ini dapat tercermin dalam perubahan perilaku, pemahaman yang lebih mendalam terhadap ajaran Islam, dan mungkin juga peningkatan kualitas kehidupan spiritual masyarakat yang terlibat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Wawasan Keislaman; Rumah Lingkar Daulat Malaya
Subjects: Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: M Afdinal A Farhan
Date Deposited: 25 Jan 2024 06:20
Last Modified: 25 Jan 2024 06:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84419

Actions (login required)

View Item View Item