Awwaliyyah, Ajeng Iklima Muftiyah (2023) Pola interaksi guru dan murid dalam proses peningkatan kedisiplinan pembelajaran Tahsinul Qur'an di MTsN 1 Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (848kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (768kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
Abstract
Al-Qur’an adalah kitab yang harus dibaca, ditulis, dihayati, dipahami dan direnungkan agar menjadi pelita hidup. Berkenaan dengan kitab bacaan ini, Nabi Muhammad SAW. selalu menghimbau umatnya untuk banyak membaca Al-Qur’an baik bagi mereka yang mampu memahami maknanya atau tidak memahaminya. Keduanya akan mendapat pahala dari Allah SWT. Setiap huruf yang dibaca mendapat satu kebaikan sampai sepuluh kebaikan dan lebih dari itu sesuai dengan kualitas bacaan dan keikhlasan dalam membacanya. Berkaitan dengan itu, untuk membaguskan bacaan Al-Qur’an maka diperlukan pembelajaran cara membaguskan Al-Qur’an itu sendiri. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran tahsin yang ada di MTsN 1 Sumedang yang meliputi tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran tersebut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (feild research), yaitu penelitian yang dilakukan langsung ke tempat penelitian untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan mengenai proses pembelajaran tahsin di MTsN 1 Sumedang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu dengan menganalisis fenomena yang diamati. Objek dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran tahsin Al-Qur’an di MTsN 1 Sumedang yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran tersebut. Sedangkan subjek penelitian ini adalah koordinator tahsin, guru pengajar tahsin, serta murid-murid yang mengikuti pembelajaran tahsin tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verification). Berdasarkan hasil analisis data, dapat diperoleh kesimpulan bahwa proses pembelajaran tahsin di MTsN 1 Sumedang terdiri dari 3 tahapan. (1) Tahapan Perencanaan, pada tahapan perencanaan ini koordinator tahsin beserta pihak sekolah menyiapkan tempat dan waktu pelaksanaan, kemudian tenaga pengajar yang profesional di bidang tersebut dan bahan ajar yang akan dipakai. (2) Tahapan Pelaksanaan, tahap pelaksanaan ini terdiri dari kegaiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. (3) Tahapan Evaluasi, kegiatan evaluasi yang dilakukan terbagi menjadi dua yaitu evaluasi formatif dan sumatif. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran ini yaitu dari guru, murid-murid, dan lingkungan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Interaksi; Guru Dan Murid; Peningkatan Kedisiplinan; Pembelajaran Tahsinul Qur’an |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Asbabun Nuzul Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ajeng Iklima Muftiyah Awwaliyyah |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 02:07 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 02:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84624 |
Actions (login required)
View Item |