Komunikasi interpersonal dalam meningkatkan religiusitas kelompok Difabel : Studi Deskriptif di SLB ABCDE LOB

Ab Rohman, Encep (2023) Komunikasi interpersonal dalam meningkatkan religiusitas kelompok Difabel : Studi Deskriptif di SLB ABCDE LOB. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_Cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy

Abstract

Dakwah sebagai perubahan sosial, dapat diimplementasikan oleh seorang da’i dalam proses pembelajaran formal seperti sekolah. SLB ABCDE LOB merupakan ranah pendidikan yang menampung aspirasi dan inspirasi orang-orang yang memiliki keterbatasan fisik dan mental, dengan adanya kegiatan praktik-praktik keagamaan dan pembinaan akhlak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tindakan dakwah dan interaksi sosial dengan pendekatan studi deskriptif tentang konsep, aktivitas dan substansi komunikasi interpersonal dalam meningkatkan religiusitas kelompok difabel. Teori penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis komunikasi interpersonal tentang konsep, aktivitas, dan substansi religiusitas melalui studi deskriptif Alo Liliweri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan paradigma post-positivistik dan pendekatan deskriptif. Sumber data utama Informan yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini bersifat wawancara mendalam (indept interview), dengan teknik Semi-Terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan SLB ABCDE LOB sebagai ranah pendidikan dapat memberikan energi positif bagi kelompok difabel. Dampak positif yang dihasilkan pengajar dan kelompok difabel selama melaksanakan kegiatan di SLB ABCDE LOB. 1). Konsep komunikasi interpersonal para pengajar yang terdiri dari dua macam yakni, verbal dan non-verbal yang menjadi metode komunikasi dalam menyampaikan pesan-pesan keagamaan. Dalam pelaksanaanya komunikasi antar pribadi ini dilakukan dengan tatap muka, 2) Aktivitas dalam upaya meningkatkat religiusitas kelompok difabel, kegiatan praktik keagamaan dan pembinaan akhlak menjadi kegiatan unggulan. 3) Subtansi atas konsep komunikasi interpersonal dan aktivitas dalam meningkatkan religiusitas kelompok difabel, memberikan makna yang positif, dan tidak lagi awam terhadap ilmu-ilmu keagamaan. ENGLISH : Da'wah as social change can be implemented by a da'i in a formal learning process such as school. SLB ABCDE LOB is an educational area that accommodates the aspirations and inspiration of people who have physical and mental limitations, through religious practices and moral development activities. The purpose of this study was to determine the act of preaching and social interaction with a descriptive study approach on the concepts, activities and substance of interpersonal communication in increasing the religiosity of the disabled group. The theory of this research is to identify and analyze interpersonal communication about the concept, activity, and substance of religiosity through Alo Liliweri's descriptive study. This study uses a qualitative method, with a post-positivistic paradigm and a descriptive approach. The main data source for informants is determined by purposive sampling technique. Data collection techniques in this study were in-depth interviews, with semi-structured techniques. The results of the study show that SLB ABCDE LOB as an educational domain can provide positive energy for groups with disabilities. The positive impact produced by teachers and groups with disabilities while carrying out activities at SLB ABCDE LOB. 1). The concept of interpersonal communication of teachers consists of two kinds, namely, verbal and non-verbal which are communication methods in conveying religious messages. In the implementation of this interpersonal communication is done face to face, 2) Activities in an effort to increase the religiosity of groups with disabilities, religious practice activities and moral development are leading activities. 3) Substance on the concept of interpersonal communication and activities in increasing the religiosity of the disabled group, giving a positive meaning, and no longer unfamiliar with religious sciences.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi; Religiusitas; Difabel
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Communities > Community Sociology
Education
Human Physiology > Child Development
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Encep Syn Ab Rohman
Date Deposited: 05 Feb 2024 07:29
Last Modified: 05 Feb 2024 07:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84685

Actions (login required)

View Item View Item