Penggunaan media Explainer Video untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran fikih

Mubarok, Y. Zaki (2024) Penggunaan media Explainer Video untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran fikih. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di MTs Al Bazari Parungkuda menunjukkan bahwa pembelajaran fikih dilakukan oleh guru masih menggunakan media gambar dan papan tulis. Hal ini diasumsikan menjadi salah satu penyebab siswa merasa bosan dan kurang termotivasi dalam pembelajaran. Dampaknya 60% siswa masih mendapatkan hasil belajar di bawah KKM. Selain itu, siswa cenderung pasif dan kurang memberikan umpan balik dalam pembelajaran. Meskipun sekolah memiliki fasilitas berupa LCD proyektor yang memungkinkan penggunaan media audio visual, fasilitas tersebut belum digunakan secara optimal. Sehubung dengan hal itu penulis mencoba untuk menggunakan media explainer video diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata Pelajaran fikih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Desain media explainer video pada mata Pelajaran fikih di kelas VIII MTs Al Bazari Kabupaten Sukabumi, 2) Proses pembelajaran yang dilakukan pada mata Pelajaran fikih di kelas VIII dengan menggunakan media explainer video, 3) Peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan media explainer video pada mata pelajaran fikih. Penelitian ini didasarkan pada asumsi bahwa media explainer video dapat mengingkatkan hasil belajar kognitif siswa, sebab media explainer video dapat memainkan peran penting melalui visualisasi yang kuat, komunikasi efektif, pengulangan dan revisi, penggunaan multi-sensoris, dan pengalaman interaktif yang menyebabkan siswa tertarik melakukan pembelajaran dan lebih aktif dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, tes, studi dokumentasi dan wawancara. Kemudian analisis data yang digunakan yaitu uji analisis statistik deskriptif, uji normalitas data, uji N-Gain dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Desain media explainer video yang diterapkan pada materi Ibadah Puasa di MTs Al Bazari Parungkuda dibuat menggunakan aplikasi Canva dengan tahapan flowchart dan storyboard yang digunakan untuk mendesain media explainer video, 2) Proses pembelajaran materi ibadah puasa di kelas VIII MTs Al Bazari Parungkuda Kabupaten Sukabumi dengan menggunakan media explainer video terlaksana dengan baik. Hal ini berdasarkan hasil observasi pembelajaran dengan skor rata-rata 87%, 3) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan Media Explainer video pada materi ibadah puasa di MTs Al Bazari Parungkuda Kabupaten Sukabumi termasuk dalam kategori sedang dengan indeks N-Gain rata-rata kelas eksperimen 0,55.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: media explainer video; fikih; hasil belajar kognitif;
Subjects: Special Computer Methods
Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Y Zaki Mubarok
Date Deposited: 26 Feb 2024 06:08
Last Modified: 26 Feb 2024 06:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85145

Actions (login required)

View Item View Item