Pelaksanaan Peraturan Daerah nomor 17 tahun 2007 tentang retribusi parkir di tepi jalan umum Kabupaten Purwakarta perspektif siyasah maliyah (Studi kasus Jalan Terusan Kapten Halim Pasar Rebo)

Sopianti, Lilis (2012) Pelaksanaan Peraturan Daerah nomor 17 tahun 2007 tentang retribusi parkir di tepi jalan umum Kabupaten Purwakarta perspektif siyasah maliyah (Studi kasus Jalan Terusan Kapten Halim Pasar Rebo). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (821kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (907kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Lahirnya Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang pemerintah daerah serta Undang-Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang perimbangan keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah menjadikan dasar peraturan di daerah, sebagaimana Peraturan Daerah pada tahun 2007 pemerintah Kabupaten Purwakarta membuat salah satu kebijakan yang termuat dalam Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2007 tentang Retribusi Parkir 01 Tepi Jalan Umum Peraturan Daerah tersebut memberikan keleluasaan usaha pemberdayaan sumber pemasukan keuangan secara maksimal dengan beban tanggungjawab kepada daerah masing-masmg, salah satunya untuk retribusi parkir. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan pertanyaan yang diajukan, yaitu bagaimana pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2007 tentang retribusi parkir di tepi jalan umum Kabupaten Purwakarta dan bagaimana perspektif Siyasah Maliyah terhadap pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2007 tentang retribusi parkir di tepi jalan umum Kabupaten Purwakarta. Penelitian ini bertolak dari pemikiran Atjep Djazuli bahwa pola kebijakan pemerintah mengenai aspek perekonomian tentang pengelolaan sumber-sumber keuangan yang menuntut pengaturan Siyasah adalah Siyasah Maliyah yang memiliki sumber hukum normatif yaitu al-Qur'an, as-Sunnah serta kaidah-kardah Fiqh Siyasah. Siyasah Maliyah berfungsi untuk mengatur dan mengelola sumber-sumber keuangan Negara. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif, dimana metode ini digunakan untuk mengumpulkan data serta menggambarkan kandungan data. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yakni pendekatan yang tidak memerlukan suatu penghitungan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, catatan lapangan, pengamatan dan studi kepustakaan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ketidaktetapan pendapatan yang dihasilkan dari Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2007 tentang retribusi parkir di tepi jalan umum Kabupaten Purwakarta terhadap Pendapatan Asli Daerah pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun 2007 sampai 2012 bukan prestasi dari suatu pemerintahan. Oleh sebab itu untuk memantapkan otonomi daerah yang nyata dinamis, serta tanggungjawab maka kebijakan pemerintah daerah harus direalisasikan dengan tujuan syariat Islam dan sejalan dengan Hifdzul Mal serta prinsip-prinsip Siyasah Maliyah yaitu prinsip keadilan, mashlahah murshalah, dan prinsip amar ma'ruf dan nahi munkar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: peraturan daerah; retribusi; parkir; siyasah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Aspek Fikih Lainnya
Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Siyasah
Depositing User: Robby Nur Hidayat
Date Deposited: 08 Jul 2024 02:24
Last Modified: 08 Jul 2024 02:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85476

Actions (login required)

View Item View Item