Athallah, Raihan (2024) Manajemen citra elit politik Anies Rasyid Baswedan melalui media sosial instagram terhadap citra politik di mahasiswa : Studi deskriptif organisasi mahasiswa daerah DKI Jakarta kamajaya Bandung periode unggahan januari 2022-oktober 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover judul.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK (2).pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (527kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dengan ketertarikan peneliti mengenai elit politik Anies Baswedan yang berhasil memiliki citra baik selama menjadi gubernur, keberhasilan tersebut didukung dengan pemanfaatan media sosial yang baik oleh Anies Baswedan yang merupakan salah satu elit politik yang aktif di media sosial instagram pribadinya, dan dengan media tersebut melakukan manajemen citra di media sosial dengan tujuan mendapat citra politik yang baik melalui kesan baik di media sosial, hal ini dilakukan sebab masifnya media sosial sebagai pilihan masyarakat dalam mencari informasi berkaitan dengan politik maka digunakan media sosial sebagai sarana manajemen citra. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori manajemen citra dari Erving Goffman (1959), dengan klasifikasi lebih jauh tentang kategorinya melalui Jones & Pittman Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui mengenai konsep penggunaan manajemen citra di media sosial Anies Baswedan, media sosial yang dimaksud adalah Instagram @aniesbaswedan, citra apa yang ditampilkan melalui manajemen citra tersebut serta dampaknya kepada elit politik pasca masa jabatan telah berakhir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis isi kualitatif yang bersumber dari unggahan Instagram Anies Baswedan yang dimulai dengan kategori dari teori manajemen citra lalu ditemukan unggahan yang sesuai lalu akan dijabarkan sesuai hasil analisis isi Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa dari penggunaan kategori manajemen citra yang ada yakni; Ingratiation, Self-promotion, exemplification, intimidation and supplication. Kesemua kategori diatas ditemukan dalam unggahan @aniesbaswedan, dimana ingratiation dan self promotion merupakan salah satu kategori yang sering muncul dalam unggahan, hal ini berdampak positif kepada citra yang ditampilkan selama menjadi Gubernur dan juga citra pada masa pasca jabatan sebagai calon presiden dimana pencapaian sebelumnya sebagai gubernur menimbulkan dampak positif terhadap elektabilitasnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Citra; Media Sosial; Citra Politik |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Political dan Government Science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik |
Depositing User: | Athallah Raihan |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 03:09 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 03:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85628 |
Actions (login required)
View Item |