Pemberdayaan remaja melalui kegiatan aktivasi ruang publik mural tematik Brand.Gg: Studi deskriptif pada Komunitas Kreatif Karasa Bandung di RW 02 Kelurahan Gempolsari

Hawary, Isa Abdillah (2023) Pemberdayaan remaja melalui kegiatan aktivasi ruang publik mural tematik Brand.Gg: Studi deskriptif pada Komunitas Kreatif Karasa Bandung di RW 02 Kelurahan Gempolsari. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy

Abstract

Remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Pada masa ini generasi remaja sedang mengalami pertumbuhan baik secara psikologis maupun secara psikis. Dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya, generasi remaja seringkali terjerumus kepada tindakan dan perilaku yang negatif seperti aksi-aksi tawuran, seks bebas, narkoba, berbuat onar, ugal-ugalan, dan masih banyak lagi. Generasi remaja membutuhkan media yang dapat mengekspresikan dirinya, yang kemudian mereka mampu mengeksistensikan diri disana. Selain daripada itu, generasi remaja juga membutuhkan kepercayaan diri untuk dapat berperan dimasyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui apa yang dilakukan Komunitas Karasa melalui kegiatan aktivasi ruang publik Brand.Gg dalam menjawab kebutuhan eksistensi, berekspresi, dan kepercayaan diri generasi remaja, 2) untuk memahami proses pemberdayaan remaja melalui kegiatan aktivasi ruang publik Brand.Gg Komunitas Karasa Bandung, 3) untuk mengetahui hasil pemberdayaan remaja melalui kegiatan aktivasi ruang publik Brand.Gg Komunitas Karasa Bandung. Penelitian ini menggunakan Teori ACTORS dengan kerangka kerja yang merupakan akronim “ACTORS” antara lain: A=Authority (wewenang); C=Confidence and Competence (rasa percaya diri dan kemampuan), T=Trust (keyakinan); O=Opportunities (Kesempatan); R=Responsibilities (tanggung jawab); S=Support (dukungan). Teori ini dikemukakan oleh Sarah Cook dan Steve Macaulay pada bukunya yang berjudul “Perfect Empowerment” tahun 1997. Teori ACTORS menitikberatkan kepada pemberdayaan secara sosial dan etika atau moral. Penelitian ini mengggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melalui pendekatan fenomenologis. Peneliti berupaya untuk mengungkap makna dari kegiatan aktivasi ruang publik Brand.Gg yang dilakukan Komunitas Karasa Bandung dalam memberdayakan generasi remaja sesuai dengan fenomena yang terjadi dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Hasil Penelitian ini menunjukan kegiatan aktivasi ruang publik Brand.Gg berhasil membuat anggota remaja Komunitas Karasa Bandung menjadi lebih percaya diri. Hal ini ditandai dengan anggota remaja Karasa Bandung yang menjadi lebih bersemangat untuk terjun langsung berperan dimasyarakat. Mereka generasi remaja merasa mendapatkan ruang untuk mengekspresikan diri dengan mendapatkan pengalaman langsung terjun beperan di masyarakat melalui pengalaman menjadi panitia dan juga melalui mural. Dampak yang dihasilkan dari kegiatan aktivasi ruang publik Brand.Gg merubah citra generasi remaja anggota Karasa Bandung sehingga menjadi diakui dan semakin dikenal oleh masyarakat. Hal ini ditandai dengan adanya respon positif dari masyarakat dengan mengapresiasi para remaja dan menjadi lebih komunikatif kepada para remaja. Selain dari pada itu, generasi remaja menjadi diharapkan oleh masyarakat untuk dapat berperan kembali menciptakan perubahan. Generasi remaja menjadi semakin siap, mau, serta mampu untuk menjadi aktor perubahan di masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Remaja; Aktivasi ruang publik;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Process > Social Change
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: isa abdillah hawary
Date Deposited: 19 Mar 2024 04:12
Last Modified: 19 Mar 2024 04:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85781

Actions (login required)

View Item View Item