Utami, Egi Gita (2023) Penerapan media papan putar untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran IPA di SDIT Ash-sholihah Tambelang Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (337kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (895kB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (34kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
Abstract
Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini adalah kesulitan siswa dalam memahami materi khususnya pada mata pelajaran IPA yang disebabkan pembelajaran siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran karena menggunakan metode konvensional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Mengetahui realitas pemahaman siswa pada pembelajaran IPA sebelum penerapan media papan putar, 2) Mengetahui proses penerapan media papan putar untuk menerapkan pemahaman siswa pada pembelajaran IPA, 3) Mengetahui peningkatan pemahaman siswa di akhir siklus selama penerapan media papan putar terhadap materi pembelajaran IPA. Media papan putar merupakan salah satu alat untuk memudahkan siswa dalam memahami materi. Media papan putar merupakan media sederhana media pembelajaran sederhana yang dikembangkan menggunakan prinsip visual. Metode yang digunakan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini terdapat dua siklus yang dilaksanakan pada setiap siklusnya berisi dua tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media papan putar dapat meningkat pemahaman siswa pada pembelajaran IPA. Pada pra siklus rata-rata persentase aktivitas siswa memperoleh angka 42% dan rata-rata persentase aktivitas guru memperoleh 69%. Pada siklus I tindakan 1 aktivitas siswa memperoleh angka 59% dan aktivitas guru memproleh angka 81% pada siklus ini meningkat dibandingkan pada pra siklus. Kemudian pada siklus I tindakan 2 aktivitas siswa memperoleh 66% dan aktivitas guru 88% pada tindakan kedua ini meningkat dibandingkan siklus I tindakan 1. Sedangkan pada siklus II tindakan 1 aktivitas siswa memperoleh angka 72% dan aktivitas guru 94% pada siklus II ini lebih meningkat dibandingkan siklus I tindakan 1 dan 2. Kemudian pada siklus akhir yaitu siklus II tindakan 2 yang sangat meningkat dibandingkan siklus dan tindakan sebelumnya pada siklus II tindakan dua ini aktivitas siswa memperoleh angka78% dan aktivitas guru memperoleh 100%. Hasil keseluruhan rata-rata aktivitas siswa dan guru yaitu pada siklus I aktivitas siswa memperoleh angka 63% dan aktivitas guru 85% sedangkan pada siklus II semakin adanya peningkatan aktivitas siswa dan gueu mendapatkan hasil rata-rata pada aktivitas siswa memproleh angka 75% serta aktivitas guru memperoleh angka 97%. Peningkatan tersebut siswa dapat memahami materi yang dipelajari terkhususnya pada mata pelajaran IPA. Kata kunci : Media Papan Putar, Meningkatkan Pemahaman
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Papan Putar; Meningkatkan Pemahaman IPA |
Subjects: | Natural Science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Egi Gita Utami |
Date Deposited: | 20 Mar 2024 01:17 |
Last Modified: | 20 Mar 2024 01:17 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85818 |
Actions (login required)
View Item |