Manajemen pemberdayaan Operator Madrasah: Studi kasus di MTS Al-Jawami Kabupaten Bandung

Ferdiansyah, Alam Muhamad (2023) Manajemen pemberdayaan Operator Madrasah: Studi kasus di MTS Al-Jawami Kabupaten Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8_bab5.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Al-Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa Adanya kesulitan dalam proses rekruitmen tenaga operator, karena tenaga ahli komputer banyak direkrut oleh perusahaan dan dunia bisnis; Orang yang menjabat sebagai operator tidak diisi oleh orang yang berkompeten di bidangnya, sehingga perlu dibangun kompetensinya di bidang ICT; Kinerja operator masih belum optimal karena minim pengalaman dan sering berganti personil, dan Pembinaan untuk tenaga operator masih minim dan hanya menunggu diklat dari dinas terkait.. Hal ini diduga karena pemberdayaan operator madrasah. Penelitian in, bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi manajemen pemberdayaan operator madrasah di MTs. Al-Jawami Kabupaten Bandung. Dengan landasan teori manajemen Sumber daya manusia, Manajemen kinerja dan dan pemberdayaan SDM, maka dilakukan penelitian kualitatif melalui teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan manajemen pemberdayaan operator madrasah di MTS Al-Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung telah sesuai dengan landasan filosofi dan landasan normative, konprehensif, terkodifikasi, sistematis dan realistis berwawasan ke depan. Pengorganisasian terstruktur dalam tim pelaksana dengan jobdeskripsi yang terdiri dari unsur manajemen madrasah yang representatif, kompatibel, proporsional, dan relevan, Pelaksanaan terdiri dari pelaksanaan prosedur pemberdayaan, implementasi strategis pemberdayaan operator madrasah, dan pelaksanaan evaluasi kinerja operator madrasah sesuai rancangan program dan jadwal yang ditetapkan dan sesuai dengan panduan dalam perencanaan, sistematis, operasional, dan procedural. Pengawasan dilakukan melalui penetapan target pengendalian; evaluasi strategis dengan teknik pengawaan dan pengendalian langsung oleh kepala madrasah; serta tindak lanjut hasilnya dijadikan acuan penetapan program skala prioritas, dan penetapan ketentuan baru, sehingga dapat dinyatakan bersifat formal, responsive, efektif dan reliabilitas. Maka dapat dismpulkan bahwa implementasi manajemen.pemberdayaan operator madrasah di MTs Al-Jawami dinyatakan baik dan realistis sesuai dengan fungsi-fungsi manajemen, sehingga berdampak pada peningkatan kinerja operator, kelancaran emis dan peningkatan mutu layanan pendidikan baik kuantitas maupun kualitasnya

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan operator; Evaluasi Kinerja; Operator Madrasah; Mutu pendidikan madrasah; MTs Al-Jawami;
Subjects: General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ferdiansyah Alam Muhamad
Date Deposited: 03 Apr 2024 07:44
Last Modified: 04 Apr 2024 01:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86243

Actions (login required)

View Item View Item