Nurmalah, Rima (2024) Pengaruh inovasi pelayanan publik terhadap kualitas Mobile Service pada aplikasi Access by KAI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (325kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
Abstract
Pemerintah wajib memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Salah satu upaya pemerintah untuk memberikan pelayanan terbaik yaitu dengan menerapkan inovasi pelayanan melalui teknologi. PT KAI sebagai perusahaan dibawah naungan pemerintah menerapkan inovasi teknologi di bidang pelayanannya melalui aplikasi Access by KAI. Pada penerapannya masih ada masyarakat yang belum mampu beradaptasi dengan adanya inovasi tersebut. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas dari inovasi pelayanan publik dan kualitas mobile service serta pengaruh inovasi pelayanan publik terhadap kualitas M-service pada aplikasi Access by KAI. Selain itu juga untuk mengetahui sumbangan efektif dari dimensi-dimensi inovasi pelayanan publik terhadap kualitas m-service pada aplikasi Access by KAI.Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Data-data penelitian diperoleh dari hasil penyebaran angket, observasi dan studi pustaka untuk mendukung kelengkapan data. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna aplikasi Access by KAI yang pernah menggunakan kereta commuter Bandung Raya. Adapun sampel yang digunakan berjumlah 349 responden. Analisis statistik yang digunakan terstruktur dimulai dari uji validitas dan reliabilitas, uji regresi linear sederhana, uji asumsi regresi linear sederhana, deteksi outlier, uji regresi robust dengan m-estimation serta pengujian sumbangan efektif dari dimensi-dimensi variabel inovasi pelayanan publik terhadap variabel kualitas m-service. Penelitian ini menggunakan teori inovasi pelayanan publik oleh Rogers dengan mengidentifikasi dimensi keuntungan relatif, kompabilitas, kompleksitas, dapat diuji dan dapat dilihat. Kemudian untuk mengidentifikasi kualitas m-service, penelitian ini menggunakan teori mobile service quality oleh Chae dkk. Hasil analisis menunjukan bahwa kualitas inovasi pelayanan publik berada pada kategori sangat tinggi, kemudian kualitas m-service berada pada kategori tinggi. Selanjutnya inovasi pelayanan publik memperoleh nilai koefisien variabel yang signifikan pada taraf nyata (α=0.05) ini dinyatakan karena nilai dari prob. (p-value) pada variabel inovasi pelayanan publik sebesar 0.000<0.05 maka terdapat pengaruh inovasi pelayanan publik terhadap kualitas m-service pada aplikasi Access by KAI. Adapun sumbangan efektif dari masing-masing dimensi dari inovasi pelayanan publik terhadap kualitas m-service adalah sebagai berikut, dimensi keuntungan relatif sebesar 0,48%, dimensi kompabilitas sebesar 29,03%, dimensi kompleksitas sebesar 14,22%, dimensi dapat diuji 9,83 dan dimensi dapat dilihat sebesar 8,39%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Governansi Digital; Inovasi Pelayanan Publik; Kualitas Layanan Mobile, Acces by KAI |
Subjects: | Public Administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | rima nurmalah |
Date Deposited: | 06 May 2024 01:12 |
Last Modified: | 06 May 2024 01:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86825 |
Actions (login required)
View Item |