Kontribusi Ibu Rumah Tangga dalam membantu ekonomi keluarga : Penelitian pada Ibu Rumah Tangga Pedagang di Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung

Saleha, Siti Nur (2024) Kontribusi Ibu Rumah Tangga dalam membantu ekonomi keluarga : Penelitian pada Ibu Rumah Tangga Pedagang di Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya realitas sosial yang menunjukkan bahwa kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat dengan penghasilan yang tergolong rendah mengharuskan perempuan ikut serta berkontribusi dalam membantu perekonomian keluarga. Seperti halnya yang terjadi pada ibu rumah tangga di Desa Ciburial yang memilih untuk bekerja sebagai pedagang untuk membantu ekonomi keluarganya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal apa yang melatarbelakangi ibu rumah tangga di Desa Ciburial ikut serta berkontribusi membantu perekonomian keluarga, untuk mengetahui faktor apa saja yang menghambat mereka dalam berdagang serta untuk mengetahui bagaimana perubahan kondisi ekonomi keluarga ibu rumah tangga pedagang setelah mereka berdagang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pilihan rasional yang digagas oleh James S. Coleman. Teori ini menjelaskan bahwa tindakan seseorang mengarah pada suatu tujuan, dimana tindakan tersebut ditetapkan berdasarkan nilai atau preferensi dalam hal ini adalah ibu rumah tangga di Desa Ciburial yang memutuskan untuk berdagang merupakan upaya atau pilihan yang paling rasional untuk membantu ekonomi keluarga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber primer yaitu ibu rumah tangga pedagang di Desa Ciburial dan sumber data sekunder yang bersumber dari buku, jurnal ilmiah dan berbagai sumber literatur lainnya yang relevan dengan tema penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian proses teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan melalui tiga rangkaian yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa adanya kontribusi ibu rumah tangga pedagang di Desa Ciburial cukup berdampak pada perekonomian keluarga, dengan berdagang tingkat ekonomi keluarga mengalami peningkatan yang signifikan sehingga mereka dapat memenuhi segala kebutuhan keluarganya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ibu rumah tangga pedagang di Desa Ciburial memiliki kontribusi yang besar dalam membantu mewujudkan kesejahteraan keluarganya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi; Ibu Rumah Tangga; Ekonomi; Keluarga;
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Siti Nur Saleha
Date Deposited: 20 May 2024 07:25
Last Modified: 20 May 2024 07:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87088

Actions (login required)

View Item View Item