Rofii, Muhammad Hasan (2024) Pelaksanaan komunikasi politik Partai Demokrat ; studi penurunan jumlah perolehan suara PILEG Kota Bandung 2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak .pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi .pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I .pdf Download (720kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (581kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
Abstract
Partai Demokrat Kota Bandung pada Pemilihan Umum Legislatif 2019 sudah mengunakan komunikasi politik dengan menekankan dimensi pesan komunikasi politik retorika, iklan, dan propaganda politik. Namun demikian, perolehan suara Partai Demokrat Kota Bandung pada Pemilihan Umum Legislatif 2019 tidak sesuai dengan target awal. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan komunikasi politik partai demokrat kota bandung 2019. selain itu, bertujuan untuk menggambarkan faktor penghambat pelaksaan komunikasi politik partai demoktrat kota bandung 2019. Penelitian ini menggunakan teori Dimensi Pesan komunikasi politik Dan Nimmo (2005). Dimana variabel keberhasilan komunikasi politik dapat ditentukan oleh retorika politik, Iklan politik, propaganda politik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan studi lapangan yakni observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Teknik penentuan informan untuk pengurus Partai Demokrat menggunakan teknik Purposive dan masyarakat dibeberapa daerah pemilihan. Hasil penelitian ini pertama, pelaksanaan retorika menerapkan pola penyesuaian diksi kepada masyarakat, iklan pada kampanye politik yang dilakukan Partai Demokrat menarik dengan menyapa warga door to door dan mulai aktif bersosial media untuk menyampaikan pesan politiknya, propaganda yang dilakukan pertemuan dengan warga dan diskusi terkait gagasan yang diusung Partai Demokrat bersama masyarakat. Kedua, terdapat faktor penghambat yang dilakukan yaitu retorika kualitas yang tidak merata dari setiap kader maupun calon anggota legislatif Partai Demokrat, iklan politik hanya melakukannya di wilayah yang terdapat basis masa Partai Demokrat dan tidak menyeluruh, kemudian minim inovasi melakukan kampanye yang lebih menarik dan media massa Partai Demokrat memang belum terlalu optimal digunakan di masa kampanye, propaganda masih dirasa kurang maksimal karena program yang disampaikan terlalu umum sehingga kurangnya antusiasme dari masyarakat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Politik; Dimensi Pesan Komunikasi Politik Partai Demokrat; Pemilihan Umum Legislatif |
Subjects: | Political Process Political Process > Political Parties Political Process > Practical Politics Political Process > Political Campaigns |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik |
Depositing User: | Rofii Muhammad Hasan |
Date Deposited: | 13 May 2024 06:16 |
Last Modified: | 13 May 2024 06:16 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87128 |
Actions (login required)
View Item |