Faidah, Nida Husnul (2024) Pendidikan karakter dalam membentuk kepribadian santriwati di Pondok Pesantren Terpadu Albidayah Cangkorah Bandung Barat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (449kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
Abstract
Fenomena kepribadian dikalangan remaja saat kini tengah berada di titik kritis. berbagai media baik cetak fakta ini pada kita. Banyak kasus yang terjadi terkait dengan buruknya kepribadian remaja putri di Indonesia.Melalui pendidikan karakter akan dibentuk, tentunya untuk membentuk kepribadian yang berkarakter dan mengacu pada nilai-nilai Islam. Mengingat pendidikan menjadi suatu keharusan karena tidak hanya menjadikan peserta didik menjadi cerdas, juga mempunyai budi pekerti dan sopan santun, sehingga keberadaannya sebagai anggota masyarakat menjadi bermakna baik bagi dirinya maupun orang lain. Pondok Pesantren sebagai subkultur, memiliki kekhasan yang telah mengakar serta hidup dan berkembang di tengah-tengah masyarakat dalam menjalankan fungsi pendidikan, fungsi dakwah, dan fungsi pemberdayaan masyarakat. Maka dengan itu bagaimana perencanaan,pelaksanaan, evaluasi serta faktor pendukung dan penghambatnya dalam pembentukan kepribadian di Pondok Pesantren Terpadu Albidayah Cangkorah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan,pelaksanaan, evaluasi serta menganalisis pendukung dan penghambat dalam membentuk Kepribadian Santriwati di Albidayah Cangkorah. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode fermonologi, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari Pembina kesantrian, Astatidzah, Roisah dan Santriwati. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan pendidikan karakter dilakukan dengan cara mengaplikasikan program Pendidikan karakter secara bersamaan ke dalam kurikulum/proses pembelajaran di Pondok Pesantren Albidayah Cangkorah Bandung. Pelaksanaan dilakukan melalui dua metode yaitu Pendidikan karakter yang diinterasikan dengan kurikulum/proses pembelajaran dan Pendidikan karakter diluar proses pembelajaran yaitu melalui penembangan diri dan penanaman budaya pondok. Dievaluasi berdasarkan nilai-nilai karakter yang ditanam di Pondok Pesantren. Adapaun faktor pendukung diantaranya kesadaran santri, sumberdaya manusia, fasilitas pondok, dukungan orang tua, dukungan guru dan sistem pengajaran, dan kondisi lingkungan yang kondusif. Faktor penghambat diantaranya kurangnya kesadaran santri, pengaruh penggunaan media sosial, kurangnya dukunan oran tua, dan sistem penajaran yang kurang berkualitas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter; Pondok Pesantren; Kepribadian |
Subjects: | Islam Education General Management |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Nida Husnul Faidah |
Date Deposited: | 14 May 2024 08:04 |
Last Modified: | 14 May 2024 08:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87175 |
Actions (login required)
View Item |