Layanan konseling karir untuk meningkatkan etos kerja karyawan : Penelitian pada karyawan Immigration Custom Quarantine and Security Pandaruan Limbang Sarawak

Bin Rahman, Abdul Muizzuddin (2024) Layanan konseling karir untuk meningkatkan etos kerja karyawan : Penelitian pada karyawan Immigration Custom Quarantine and Security Pandaruan Limbang Sarawak. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text (DAFTAR PUSAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)

Abstract

Pandemi telah menyebabkan perubahan kondisi dan kondisi saat ini yang berdampak besar pada banyak hal, termasuk kepentingan bisnis. Dalam hal ini, aspek psikologis menjadi perhatian utama bagi perusahaan. Banyak bisnis gulung tikar karena ketidaksiapan mental karyawan dan pendiri perusahaan dalam menangani perubahan yang disebabkan oleh pandemi. Kualitas kinerja karyawan menurun karena kurangnya semangat kerja, juga dikenal sebagai etos kerja, yang berdampak pada reputasi perusahaan. Semua kemajuan dan perubahan dalam etos kerja karyawan menjadi tanggung jawab pimpinan, yang dikhususkan di beberapa perusahaan pada Departemen HRD. Namun, di beberapa perusahaan, pimpinan atau kepala yang bertanggung jawab langsung melakukan konseling untuk karyawan. Perlu adanya tindakan yang cepat dan tepat untuk mengatasi penurunan etos kerja yang berdampak negatif pada kinerja karyawan. Masalah etos kerja ini mendorong layanan konseling individu dan kelompok untuk karyawan. Sebab layanan konseling karyawan merupakan bagian dari manajemen karir perusahaan. Maka, layanan konseling karir yang tepat dapat membantu perusahaan bertahan dalam menghadapi perubahan yang disebabkan oleh pandemi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penurunan etos kerja karyawan, jenis layanan konseling apa yang perusahaan sediakan, dan bagaimana hasil dari proses layanan tersebut di Pandaruan Limbang, Sarawak, Karyawan Immigration Custom Quarantine. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu suatu metode penelitian yang menjurus pada permasalahan yang actual atau masalah yang sedang terjadi pada masa sekarang. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara terhadap karyawan di Immigration Custom Quarantine and Security Pandaruan Limbang, Sarawak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan, budaya, dan faktor lingkungan adalah beberapa yang mempengaruhi penurunan etos kerja karyawan. Namun, perubahan pola kerja yang disebabkan oleh pandemi, yang menyebabkan masalah mental lainnya, merupakan faktor yang paling dominan saat ini. Maka, pengambilan tindakan yang salah dalam menangani problematika yang hadir di situasi sekarang dapat menyebabkan hancurnya perusahaan. Menurut penelitian ini, perusahaan telah menggunakan layanan konseling karir untuk mengatasi masalah etos kerja karyawan Immigration Custom Quarantine and Security Pandaruan Limbang, Sarawak. Ini merupakan bentuk cepat tanggap dari ketua pengarah dalam menangani dan mempertahankan perwujudan kualitas karyawan dan citra diri instansi di masa sekarang. Hasilnya menunjukkan bahwa layanan konseling karir ini berpengaruh atas peningkatan etos kerja karyawan serta memberikan dampak yang baik dan bisa dibilang sukses mencapai tujuan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Layanan Konseling Karir; Etos Kerja; Karyawan
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Abdul Muizzuddin Rahman
Date Deposited: 13 May 2024 03:16
Last Modified: 13 May 2024 03:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87312

Actions (login required)

View Item View Item