Waluya, Luzyana Poppy Destrianti (2024) Implementasi model Project Based Learning pada mata pelajaran IPAS terhadap kemampuan hasil belajar siswa di kelas IV C SDN 155 Gunung Rahayu. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (364kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (901kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
Abstract
Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah untuk menguak bagaimana penerapan model project based learning di sekolah tersebut guna membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran yang didasari oleh pemberlakuannya projek P5 pada kurikulum merdeka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model project based learning di SDN 155 Gunung Rahayu, metode pembelajaran yang digunakan guru dalam penerapan model project based learning, dan bagaimana kemampuan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS dalam materi kegiatan ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yang mana data tersebut diambil dari sumber data primer berupa observasi dan hasil wawancara dari pihak-pihak terkait serta sumber data sekunder berupa dokumen-dokumen, modul pembelajaran, foto dan video. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah melaksanakan langkah-langkah implementasi model project based learning sesuai dengan sintaks berdasarkan hasil observasi. Selain itu, metode pembelajaran yang digunakan oleh guru pada penerapan model project based learning yaitu, diskusi, metode tutor sebaya, tanya jawab, dan kerja kelompok yang mana cukup memberikan dampak positif ditandai dengan tampaknya kemampuan hasil belajar siswa, hasil belajar siswa pada aspek kognitif ditandai dengan kemampuan siswa berpikir logis, pada aspek afektif terlihat pada sikap percaya diri, mandiri, dan tanggung jawab, serta pada aspek psikomotorik siswa dapat terlihat dari kreativitas siswa dalam menghasilkan suatu produk yang mereka juga pada proyek market day, banyak siswa mengatakan bahwa proyek market day yang dilaksanakan sangat berpengaruh terhadap keterampilan siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model project based learning; IPAS; hasil belajar |
Subjects: | Education, Research Elementary Education > Elementary Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Luzyana Poppy Destrianti Waluya |
Date Deposited: | 15 May 2024 06:34 |
Last Modified: | 15 May 2024 06:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87481 |
Actions (login required)
View Item |