Wijayanti, Febriani Kurnia (2024) Pengembangan generasi muda Muslim melalui program Generasi Berencana (GenRe). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER NIA.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK NIA.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI NIA.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB 1 NIA.pdf Download (431kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB 2 NIA.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB 3 NIA.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB IV)
BAB 4 NIA.pdf Download (23kB) | Preview |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA NIA.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) | Request a copy |
Abstract
Generasi muda adalah harapan seluruh bangsa, negara membutuhkan remaja yang kuat yang memiliki kecerdasan spiritual, intelektual dan emosional yang kuat guna menjadikan bangsa tersebut di masa mendatang akan kuat pula. Generasi muda terkhususnya generasi muda muslim merupakan calon pemimpin masa depan yang harus dipersiapkan. Banyak aspek yang harus dipersiapkan dari aspek seksualitas (kesehatan reproduksi, hamil di luar nikah, aborsi), AIDS, penyalahgunaan Napza (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif). Tentu saja generasi muda bangsa harus diberikan edukasi seluas-luasnya mengenai hal-hal diatas dan pentingnya menata masa depan dengan baik dengan cara meninggalkan perilaku yang tidak bermanfaat dan merusak masa depan remaja itu sendiri seperti yang telah tercantum dalam firman Alah Q.S Al-Isra ayat 32 dan juga Q.S Al- Maidah ayat 90. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis realitas di lapangan tentang bagaimana implementasi GenRe dalam mengubah moralitas generasi muda dan partisipasi remaja dalam memanfaatkan program GenRe. Penelitian ini menggunakan teori pengembangan menurut Hasibuan bahwa pengembangan adalah suatu usaha untuk meningkatkan kemampuan teknis, teoritis, konseptual dan moral karyawan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan/jabatan melalui pendidikan dan latihan. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif sebagai prosedur pemecahan masalah yang diteliti dengan memaparkan hasil sebenarnya dari objek penelitian. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara serta dokumentasi, kemudian teknik analisis data melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, fokus pada penelitian masa depan masyarakat melibatkan edukasi, pelatihan, dan partisipasi komunitas sebagai bagian dari strategi pengembangan kapasitas. Hal ini mencakup penguatan organisasi dan manajemen, penyediaan sumber daya, dan pembangunan jaringan untuk menciptakan individu yang bertanggung jawab dan beretika.. Kedua, partisipasi remaja tidak hanya terbatas pada peran sebagai penerima informasi, melainkan juga sebagai aktor yang turut berperan dalam mencapai tujuan Program Generasi Berencana. Partisipasi aktif remaja menjadi kunci utama dalam memastikan bahwa program ini tidak hanya memenuhi kebutuhan dan aspirasi remaja, tetapi juga untuk menjadi pendorong perubahan positif dalam perilaku kesehatan reproduksi di kalangan remaja.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan; Implementasi; GenRe |
Subjects: | Education, Research |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam |
Depositing User: | Febriani Kurnia Wijayanti |
Date Deposited: | 16 May 2024 01:19 |
Last Modified: | 16 May 2024 01:19 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87584 |
Actions (login required)
View Item |