Pengaruh Dividend Payout Ratio (DPR) dan Investment Opportunity Set (IOS) terhadap Return Saham pada perusahaan yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Jaya Konstruksi Manggala Pratama TBK Periode 2013-2022

Puspitasari, Gina Meidita (2024) Pengaruh Dividend Payout Ratio (DPR) dan Investment Opportunity Set (IOS) terhadap Return Saham pada perusahaan yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Jaya Konstruksi Manggala Pratama TBK Periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pertumbuhan pasar modal syariah di Indonesia yang pada umumnya memiliki peranan penting bagi perekonomian negara, karena menjadi sarana pendanaan bagi perusahaan untuk meningkatkan usahanya. Oleh karena itu, investor tentunya akan memilih perusahaan yang memiliki pertumbuhan baik. Perusahaan yang memiliki pertumbuhan baik akan memberikan sinyal bahwa perusahaan memiliki peluang investasi tinggi dan mampu membagikan dividen dalam jumlah yang tinggi, hal ini akan memberikan respon positif terhadap pasar, sehingga investor akan tertarik untuk berinvestasi dan nantinya akan berpengaruh terhadap kenaikan return saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Dividend Payout Ratio (DPR) dan Investment Opportunity Set (IOS) terhadap Return Saham pada perusahaan sektor infrastruktur yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) studi kasus di PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk periode 2013-2022. Proksi dari variabel Investment Opportunity Set (IOS) yang digunakan dalam penelitian ini adalah proksi berbasis investasi, yaitu Capital Expenditure to Book Value of Asset (CAPBVA). Kerangka berpikir pada penelitian ini mengacu pada pendapat para ahli dan penelitian terdahulu, yaitu jika variabel Dividend Payout Ratio (DPR) dan Investment Opportunity Set (IOS) memiliki arah pengaruh positif terhadap Return Saham. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif dan sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder runtun waktu (time series) yang diperoleh dari website PT. Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk berupa laporan keuangan tahunan pada periode 2013-2022. Selain itu, analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis asumsi klasik, dan analisis asosiatif dengan software olah data IBM Statictic V.26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Dividend Payout Ratio (DPR) secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap Return Saham dengan nilai t-hitung 0,612 < 2,306 t-tabel dan memiliki model regresi RS = -9,287 + 0,440 (DPR), sedangkan variabel Investment Opportunity Set (IOS) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Return saham dengan nilai t-hitung 2,926 > 2,306 t-tabel dan memiliki model regresi RS = -13,362 + 3,220 (IOS). Adapun, hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa Dividend Payout Ratio (DPR) dan Investment Opportunity Set (IOS) berpengaruh signifikan terhadap Return Saham dengan nilai f-hitung 5,382 > 4,74 f-tabel dan memiliki model regresi RS = -29,133 + 0,625 (DPR) + 3,378 (IOS).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dividend Payout Ratio; Investment Opportunity Set; Return Saham
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Accounting > Auditing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Gina Meidita Puspitasari
Date Deposited: 16 May 2024 07:59
Last Modified: 28 May 2024 02:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87588

Actions (login required)

View Item View Item