Putri Ayu Ningsih, Mona (2018) Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 4 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 16 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Perhubungan dan Retribusi di Bidang Perhubungan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (132kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (44kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada ketertarikan peneliti mengenai peningkatan pendapatan asli daerah dilihat dari retribusi daerah yaitu retribusi parkir. Dalam penelitian ini, yang menjadi latar belakang penelitian dalam pemungutan tarif retribusi parkir mengalami berbagai macam persoalan antara lain, kurangnya pengawasan di daerah pinggiran kota karena lebih terfokus ke pusat kota, masih ditemukannya juru parkir liar di pinggir jalan umum sehingga dapat mengakibatkan penerimaan tarif retribusi parkir yang tidak mencapai target. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 4 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 16 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Perhubungan dan Retribusi di Bidang Perhubungan. Penelitian ini mengacu pada teori yang dikemukakan oleh George C. Edward III yang mempunyai empat faktor yang berperan penting dalam keberhasilan implementasi kebijakan. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan impelementasi kebijakan yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh data dan informasi, peneliti melakukan observasi dan wawancara dengan informan serta mengumpulkan dokumen-dokumen pelaksanaan pemungutan tarif retribusi parkir. Selanjutnya peneliti melakukan analisis data menggunakan analisis data di lapangan Model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa implementasi kebijakan pemungutan tarif retribusi parkir di tepi jalan umum sejauh ini belum berjalan efektif. Hambatan dalam mengimplementasikan kebijakan pemungutan tarif retribusi parkir seperti dalam hal pelatihan dan pembinaan untuk juru parkir di Kota Bandung, tidak semua juru parkir bisa mengikuti pelatihan dan pembinaan ini dikarenakan keterbatasan biaya, penyaluran komunikasi yang kurang baik dari kepala sektor kepada juru parkir yang mengakibatkan miskomunikasi, dan kurangnya sumber daya manusia khususnya dalam bidang pengendalian dan pengawasan transportasi. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis Parkir yaitu dengan membuat program khusus juru parkir agar tidak ada lagi juru parkir liar, dengan adanya juru parkir resmi yang tertib tentunya diharapkan dalam pelaksanaan pemungutan retribusi parkir dapat mencapai target yang telah ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Kebijakan;Retribusi Parkir |
Subjects: | Administration of Economy > Departments of Transportation International Commerce, Foreign Trade > Tariff Policy |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Mona Putri Ayu Ningsih |
Date Deposited: | 30 Apr 2018 04:01 |
Last Modified: | 30 Apr 2018 04:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/8766 |
Actions (login required)
View Item |