Hubungan sikap Qanā’ah dengan tingkat kebahagiaan lanjut usia : Studi pada UPTD Pusat Pelayanan Sosial Griya Lansia di Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat

Tsaniya, Fatharani (2024) Hubungan sikap Qanā’ah dengan tingkat kebahagiaan lanjut usia : Studi pada UPTD Pusat Pelayanan Sosial Griya Lansia di Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data yang dimiliki oleh UPTD Pusat Pelayanan Sosial Griya Lansia, sesuai pendataan terbaru pada tanggal 27 Juni 2023 yang terdaftar sebagai klien berjumlah 149 orang. Klien di Pusat Pelayanan Sosial Griya Lansia, tinggal sangat jauh secara fisik dan emosional dari keluarga tercinta seperti anak dan cucu. Keadaan menyedihkan tersebut tak dapat dihindari, menerima yang sudah menjadi suratan takdir merupakan sikap tawakal. Didukung lingkungan positif yang memberikan rasa aman dan nyaman untuk lanjut usia dapat menghindarkan mereka dari rasa tidak bahagia akibat sedih, stress dan kesepian. Berdasarkan fenomena tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang hubungan sikap qanā’ah dengan tingkat kebahagiaan lanjut usia di Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, lembaga Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Pelayanan Sosial Griya Lansia dan Taman Makam Pahlawan Provinsi Jawa Barat. Teori qanā’ah yang digunakan pada penelitian ini berdasarkan teori Hamka dimana arti qanā’ah yaitu menerima yang cukup. Orang dengan sikap ini merasa bahwa hidupnya sudah puas dengan harta yang ia punya dan tidak terpengaruh oleh orang lain atas yang ada pada dirinya. Adapun teori kebahagiaan mengacu pada teori Martin Seligman dan kawan-kawan, konsep kebahagiaan dapat dilihat dari dua sudut pandang, moral-laden bahwa tolak ukur kebahagiaan adalah nilai-nilai moral dan morally-neutral lebih menekankan pada kesejahteraan subjektif dalam bentuk kepuasan hidup atau pencapaian kenikmatan yang tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dengan metode korelasional yaitu penelitian untuk mengetahui hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih tanpa ada manipulasi variabel. Teknik analisis data yang digunakan berupa statistik deskriptif dan korelasional meliputi uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Teknik pengumpulan data menggunakan dua kuisioner (angket) dalam bentuk google formulir mengenai sikap qanā’ah dan tingkat kebahagiaan dan dokumentasi, dengan jumlah responden 45 orang. Hasil analisis statistik deskriptif penelitian ini pada sikap qanā’ah menggambarkan 65% kategori tinggi dan 35% kategori sedang, kemudian gambaran pada tingkat kebahagiaan 78% kategori tinggi dan 22% kategori sedang. Hasil uji korelasional menunjukkan adanya hubungan sikap qanā’ah dengan tingkat kebahagiaan dibuktikan oleh perbandingan uji t yaitu Thitung > Ttabel (14,094 > 2,018) maka H1 (terdapat hubungan) diterima. Uji determiasi menggambarkan bahwa sikap qanā’ah berperan sebesar 81,8% terhadap tingkat kebahagiaan, adapun sisanya 18,2% dipengaruhi oleh hal lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sikap Qanā’ah; Tingkat Kebahagiaan; Lanjut Usia
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Adults
Islam
Islam > Sufi Orders
Social Welfare, Problems and Services
Social Welfare, Problems and Services > Services to Persons in Late Adulthood
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Fatharani Tsaniya
Date Deposited: 17 May 2024 07:39
Last Modified: 17 May 2024 07:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87714

Actions (login required)

View Item View Item