Peran kepemimpinan Ustadzah Euis Susilawati dalam mengembangkan kualitas akhlak santri

Pramudhita, Mochammad Bobby (2024) Peran kepemimpinan Ustadzah Euis Susilawati dalam mengembangkan kualitas akhlak santri. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (690kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)

Abstract

Peran Kepemimpinan Ustadzah Euis Susilawati dalam Upaya Mengembangkan Kualitas Akhlaq Santri (Studi Deskritif di Pondok Pesantren Salafy Ar-Raaid, Bandung) Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia yang mengutamakan nilai-nilai tradisional. Selain mempelajari, mengkaji, dan memahami ilmu syari'ah Islam, pesantren juga menekankan pentingnya berakhlak kepada manusia dan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala dalam kehidupan seharihari. Hal ini dipraktikkan sebagai contoh yang baik bagi umat manusia, sesuai dengan ajaran Rasulullah Shallahu A’laihi Wasallam.Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui komponen kepemimpinan Ustadzah Euis Susilawati dalam mengembangkan kualitas akhlak santri di Pondok Pesantren Salafy Ar-Raa’id. Kedua, untuk mengetahui fungsi, tujuan, karakteristik ustadzah euis susilwati dalam mengembangkan kualitas akhlak santri di Pondok Pesantren Salafy Ar-Raa’id. Ketiga, untuk mengetahui unsur-unsur kepemimpinan Ustadzah Euis Susilawati di Pondok Pesantren Salafy Ar-Raa’id dalam mengembangkan kualitas akhlak santri. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta analisis data yang dilakukan yakni mereduksi data, penyajian data dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepemimpinan Ustadzah Euis Susilawati dalam mengembangkan kualitas akhlak santri mencakup penggunaan komponen kepemimpinan seperti visi, komunikasi, motivasi, pengambilan keputusan, delegasi, keteladanan, pembinaan, dan pengembangan. Fungsi kepemimpinan yang diterapkan meliputi fungsi administratif, pengambilan keputusan, motivasi santri, dan pengembangan. Tujuan kepemimpinan yang diterapkan adalah membangun hubungan yang kuat, menumbuhkan kepercayaan pada santri dan masyarakat, mengembangkan santri, mengambil keputusan tepat, menentukan arah yang jelas, menginspirasi santri, dan menjadi teladan bagi mereka. Karakteristik kepemimpinan yang diterapkan meliputi visi, kemampuan motivasi, adaptabilitas terhadap lingkungan, dan kerja sama dengan dewan pengajar. Unsurunsur kepemimpinan yang terdapat dalam konsepnya adalah keadilan dalam pengambilan keputusan, responsif dalam bertindak, dan ketangguhan dalam menghadapi masalah. Dari hasil penelitian yang dipaparkan diatas dapat disimpulkan bahwa peran kepemimpinan Ustdzah Euis susilawati dalam mengembangkan akhlak santri berhasil dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Kepemimpinan; Akhlak Santri; Teori Kepemimpinan; Tujuan Kepemimpinan; Fungsi Kepemimpinan; Karakteristik Kepemimpinan, Unsur-unsur Kepemimpinan,
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Pramudhita Mochammad Bobby
Date Deposited: 11 Sep 2024 06:44
Last Modified: 11 Sep 2024 06:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88138

Actions (login required)

View Item View Item