Penerapan pembelajaran PAI model cooperative learning berdasarka IASP 2020 dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar di SDN 128 Haurpancuh Bandung

Jumiati, Menia (2024) Penerapan pembelajaran PAI model cooperative learning berdasarka IASP 2020 dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar di SDN 128 Haurpancuh Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover....pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (811kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi..pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1..pdf

Download (840kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2..pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3..pdf
Restricted to Registered users only

Download (981kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4..pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5..pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka..pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 128 Haurpancuh Bandung adalah cooperative learning. Kendala yang terlihat selama pengamatan proses pembelajaran dilihat dari faktor pendidik dan peserta didik. Kendala dari pendidik adalah tidak melaksanakan beberapa kegiatan inti pada RPP. Kemudian dari peserta didik yaitu kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dengan semakin berkembangnya zaman, pendidikanpun semakin inovatif dalam mengembangkan pembelajaran, salah satunya adalah model pembelajaran. Model pembelajaran yang dapat berpengaruh terhadap peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Model cooperative learning tipe Jigsaw dianggap mampu mengatasi permasalahan keaktifan dan hasil belajar siswa dan penilaian berdasarkan IASP 2020 bisa mengastasi permasalah pendidik dalam aspek penilaian dan pelaksanaan. Maka, peneliti mencoba membandingkan dengan pembelajaran cooperative learning yang biasa dengan cooperative learning tipe Jigsaw yang di dasarkan IASP 2020 untuk mencari model mana yang lebih baik dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis; 1). Mendeskripsikan penerapan pembelajaran PAI model cooperative learning berdasarkan IASP 2020 dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar di SDN 128 Haurpancuh Bandung?, 2). Bagaimana Instrumen IASP 2020 pada keaktifan dan hasil belajar di SDN 128 Haurpancuh Bandung?, 3). Mendeskrisipkan pengaruh keaktifan belajar siswa dalam penerapan pembelajaran PAI model cooperative learning berdasarkan IASP 2020 dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar di SDN 128 Haurpancuh Bandung?, 4). Mendeskrisipkan pengaruh hasil belajar siswa dalam penerapan pembelajaran PAI model cooperative learning berdasarkan IASP 2020 dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar di SDN 128 Haurpancuh Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen, dengan jenis metode kuasi eksperimen. Tipe eksperiment yang digunakan adalah design times series. Sampel yang digunakannya adalah kelas IV-B di SDN 128 Haurpancuh Bandung. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan: 1) Proses penggunaan model cooperative learning berdasarkan IASP 2020 dilakukan dengan cukup baik sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran; 2) Penerapan model cooperative learning berdasarkan IASP 2020 berpengaruh positif dan signifikan terhadap keaktifan belajar siswa yang berada pada kriteria baik; 3) penerapan model cooperative learning berdasarkan IASP 2020 berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata pretest 59,51, sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 90.34. Uji hipotesisnya yaitu 0.000 < 0.05, yang artinya terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative learning berdasarkan IASP 2020;

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning; IASP 2020; Keaktifan Belajar; Hasil Belajar
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Menia Jumiati
Date Deposited: 29 May 2024 02:05
Last Modified: 29 May 2024 02:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88215

Actions (login required)

View Item View Item