Wahid, Firman Akbar (2022) Pengembangan bahan ajar berbasis karakter Al-Qur’an dalam konsep klasifikasi makhluk hidup untuk siswa SMP kelas VII. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1-cover.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2-abstrak.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3-daftarisi.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4-bab1.pdf Download (230kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5-bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (737kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6-bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (847kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9-daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) | Request a copy |
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran harus ditunjang oleh ketersediaan komponen belajar salah satunjya ialah bahan ajar.Bahan ajar diperlukan untuk menunjang dan memfasilitasi kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran agar hasil produk bahan ajar yang baik maka perlu dilakukan pengembangan bahan ajar. Tujuan penulisan ini adalah pengembangan bahan ajar berbasis karakter Al-qur’an pada materi klasifikasi makhluk hidup sehingga dihasilkan bahan ajar yang valid. Metode penulisan yang digunakan ialah Reasearch and Development (R&D) melalui tahapan define, designe, dan development (3-D). Adapaun instrumen yang digunakan dalam proses pengumpulan data ialah lembar uji validasi berbasis karakter Al-qur’an, angket dan respon peserta didik terhadap bahan jar berbasis karakter Al-qur’an Hasil penulisan pada penelitian ini menyatakan bahwa bahan jar berbasis karakter Al-qur’an yang telah dikembangkan dikategorikan valid dengan penilaian dari beberapa ahli diantaranya, ahli materi sebesar 74%, ahli media sebesar 79% dan guru mata pembelajaran biologi 84% dengan rata-rata persentase 79% dengan kategori layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis karakter Al-qur’an dalam konsep klasifikasi makhluk hidup dapat dikategorikan valid sehingga layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Al-Qur’an; Bahan Ajar; Karakter; Pengembangan |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education General Management > Research and Development Management (R and D) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Firman Akbar Wahid |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 02:48 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 02:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88496 |
Actions (login required)
View Item |