Implementasi strategi discovery learning dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan berkolaborasi peserta didik: Penelitian di kelas VIII MTs Informatika Miftahul Huda Cikadut Kota Bandung

Gunawan, Ade Hendra (2024) Implementasi strategi discovery learning dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan berkolaborasi peserta didik: Penelitian di kelas VIII MTs Informatika Miftahul Huda Cikadut Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Text (COVER).pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Text (ABSTRAK).pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Text (DAFTAR ISI).pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Text (BAB I).pdf

Download (450kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Text (BAB II).pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB)
[img] Text (BAB III)
Text (BAB III).pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text (BAB IV)
Text (BAB IV).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
Text (BAB V).pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Text (DAFTAR PUSTAKA).pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari suatu fenomena rendahnya keterampilan berkomunikasi dan keterampilan berkolaborasi peserta didik, hal ini terlihat dari kesulitan peserta didik dalam menyampaikan informasi pembelajaran berupa ide, gagasan, dan tanggapan secara lisan, dan keterampilan berkolaborasi ketika berdiskusi. Salah satu faktor penyebabnya adalah strategi pembelajaran yang belum memaksimalkan kebutuhan peserta didik ketika belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi discovery learning dalam pembelajaran SKI terhadap peningkatan keterampilan berkomunikasi dan keterampilan berkolaborasi peserta didik kelas VIII MTs Informatika Miftahul Huda Cikadut Kota Bandung. Strategi discovery learning didasarkan pada konsep bahwa peserta didik belajar lebih efektif ketika mereka secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran, mengamati, mengeksplorasi, dan menemukan pengetahuan sendiri melalui pengalaman langsung. Landasan teorinya mencakup pendekatan konstruktivis dalam pendidikan, yang menekankan pentingnya pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Melalui pendekatan ini, peserta didik didorong untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, menemukan hubungan antara konsep-konsep yang diajarkan, dan memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang materi pelajaran, sehingga akan menumbuhkan keterampilan berkomunikasi dan keterampilan berkolaborasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Sumber data primernya yaitu peserta didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan strategi discovery learning dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan strategi problem based learning. Pengumpulan data yang digunakan melalu angket/kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil uji paired sample T-test untuk variabel keterampilan berkomunikasi nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,012 < 0,05 dan keterampilan berkolaborasi di kelas eksperimen diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,017 < 0,05. Kemudian hasil perhitungan uji independent sample T-test variabel keterampilan berkomunikasi diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,023, sedangkan pada variabel keterampilan berkolaborasi diperoleh nilai 0,011. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata keterampilan berkomunikasi dan keterampilan berkolaborasi peserta didik yang menggunakan strategi discovery learning dengan strategi pembelajaran problem based learning. Skor rata-rata keterampilan berkomunikasi peserta didik di kelas eksperimen mula-mula sebesar 77,12 dan setelah diterapkan strategi discovery learning mengalami kenaikan 6,48 % menjadi 82,18. Selanjutnya skor rata-rata keterampilan berkolaborasi peserta didik semula 76,88 meningkat 6,82 % menjadi 82,12 Sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan strategi pembelajaran problem based learning, skor rata-rata keterampilan berkomunikasi sebesar 73,65 hanya mengalami kenaikan 4,15 % menjadi 76,71 dan skor rata-rata keterampilan berkolaborasi sebesar 73,00 meningkat 4,36 % menjadi 76,18%. Simpulannya strategi discovery learning dalam pembelajaran SKI berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan berkomunikasi dan berkolaborasi peserta didik kelas VIII MTs Informatika Miftahul Huda.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: discovery learning; berkomunikasi; berkolaborasi
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ade Hendra Gunawan
Date Deposited: 07 Jun 2024 06:30
Last Modified: 07 Jun 2024 06:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88503

Actions (login required)

View Item View Item