Analisis hukum ekonomi syariah terhadap pembayaran zakat fitrah menggunakan e-money: Studi kasus menggunakan gopay coin di aplikasi Tokopedia

Hasanah, Intan Triani Mirajul (2024) Analisis hukum ekonomi syariah terhadap pembayaran zakat fitrah menggunakan e-money: Studi kasus menggunakan gopay coin di aplikasi Tokopedia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (283kB) | Preview

Abstract

Berkembangnya teknologi khususnya dalam dunia internet sudah semakin pesat pertumbuhannya. Pembayaran zakat fitrah yang saat ini bisa dilakukan melalui e-commerce salah satunya Tokopedia. Adapun metode pembayaran zakat di Tokopedia bisa melalui Kartu Kredit, E-Wallet, Transfer Bank dan juga bisa menggunakan Gopay Coin. Gopay Coin merupakan poin loyalitas yang diberikan kepada pembeli setelah melakukan transaksi belanja di Tokopedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme pembayaran zakat fitrah menggunakan gopay coin dan perspektif Hukum Ekonomi Syariah terhadap pembayaran zakat fitrah menggunakan gopay coin. Adapun teori atau kerangka berfikir penelitian ini didasarkan pada Fiqh Zakat, Harta yang dizakati, Fatwa dan Undang-Undang Zakat, dan Pembayaran Zakat Menggunakan Gopay Coin. Metode penelitian ini tergolong ke dalam penelitian studi kasus tunggal dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis yang dipakai yaitu dimulai dari pengumpulan data, klasifikasi data, pengkajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Mekanisme pembayaran zakat fitrah menggunakan gopay coin dimulai dari masuk ke fitur Tokopedia salam untuk melakukan zakat fitrah, masukan terlebih dahulu nama muzakki yang akan membayar zakat, membaca niat zakat yang sudah disediakan oleh Tokopedia, bayar dan pilih menggunakan gopay coin. 2) Ditinjau dari perspektif Hukum Ekonomi Syariah, pembayaran zakat fitrah menggunakan cashback gopay coin dikategorikan sebagai Ju’alah karena akad yang memberikan pekerjaan yang diketahui dengan adanya imbalan atau pengganti berupa bonus atau hadiah. Pembayaran zakat fitrah menggunakan gopay coin pada Tokopedia ini hukumnya boleh, dengan syarat diperoleh secara halal dan tidak mengandung unsur riba. Selain menggunakan akad Ju’alah, pembayaran zakat fitrah menggunakan gopay coin di Tokopedia sah dilakukan dengan akad Wakalah, di mana muzakki memberikan kuasa kepada Tokopedia untuk menyalurkan zakat fitrah kepada BAZNAS. Proses ini menjamin bahwa zakat disalurkan sesuai dengan ketentuan syariah dan sampai kepada pihak yang berhak menerima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Zakat; Zakat Fitrah; Gopay Coin; Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat Fitrah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: intan triani mirajul hasanah
Date Deposited: 24 Jun 2024 06:45
Last Modified: 24 Jun 2024 07:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89091

Actions (login required)

View Item View Item