Fase kehidupan manusia dalam tafsir ayat suci Lenyepaneun Karya Moh. E. Hasim

Nurmala, Septian (2024) Fase kehidupan manusia dalam tafsir ayat suci Lenyepaneun Karya Moh. E. Hasim. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)

Abstract

Pada umumnya, Allah swt menurunkan Al-Quran kepada Nabi Muhammad saw yang mempunyai fungsi sebagai pedoman hidup bagi umat manusia tentang perjalanan panjang kehidupan manusia. Setiap manusia dalam hidupnya akan menghadapi fase dalam kehidupannya Fase kehidupan manusia adalah tahapan atau tingkatan bagaimana manusia itu bisa hidup dari ada menjadi tiada atau perputaran waktu hidup manusia dari alam ruh hingga tahapan terakhir yaitu fase alam akhirat. Adapun fase kehidupan manusia itu ada lima yakni pertama ada alam ruh adalah alam pertama yang akan manusia hadapi yang akan Allah tiupkan ke dalam badan manusia. Kedua alam rahim, fase dimana manusia ada dalam perut ibunya. Ketiga fase alam dunia, fase dimana manusia hidup di dunia menjadi seorang khalifah dan bertakwa kepada Allah swt. Keempat fase alam barzakh, merupakan fase di mana manusia akan berada di alam kubur. Kelima fase alam akhirat, fase kehidupan manusia yang akan diperhitungkan amalannya ketika di dunia. Ada dua permasalan pada pembahasan ini yaitu bagaimana konsep fase kehidupan manusia Hasim dan bagaimana penafsiran Moh. E. Hasim terhadap fase kehidupan manusia dan analisisnya dalam tafsir ayat suci lenyepaneun. Tujuan pada penelitian ini yaitu menjelaskan bagaimana konsep dari fase kehidupan manusia menurut Hasim dan menjelaskan bagaimana fase kehidupan manusia berdasarkn penafsiran Moh. E. Hasim dalam tafsir ayat suci lenyepaneun. Metode yang dipakai pada penelitian ini yaitu metode kualitatif berupa pendeskripsian. Kemudian teknik pengambilan data yang digunakan dengan studi pustaka berupa buku, kitab tafsir, artikel dan skripsi. Hasil dan pembahasan pada penelitian ini yaitu Moh. E. Hasim dalam tafsir lenyepaneun menjelaskan fase kehidupan itu mengingatkan kepada kita semua untuk selalu beriman kepada Allah swt tanpa adanya rasa keraguan sedikit pun karena kita itu hidup sedang menunggu alam akhirat dan akan berpindah alam dari alam dunia ke alam kubur, lalu di alam kubur akan dibangkitkan untuk menghadapi hari pengadilan dihadapan Allah swt. Selain itu dipaparkan juga lima fase kehidupan manusia yaitu alam ruh, alam rahim, alam dunia, alam barzakh dan alam akhirat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fase Kehidupan Manusia; Tafsir Lenyepaneun; Moh. E. Hasim;
Subjects: Humankind
Islam
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Septian Nurmala
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:02
Last Modified: 09 Jul 2024 07:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89194

Actions (login required)

View Item View Item