Pengaruh Leverage, arus kas operasi dan Sales Growth terhadap Financial Distress: Penelitian pada perusahaan Industri Batu Bara yang terdaftar di BEI tahun 2018-2022

Fadillah, Sifa (2024) Pengaruh Leverage, arus kas operasi dan Sales Growth terhadap Financial Distress: Penelitian pada perusahaan Industri Batu Bara yang terdaftar di BEI tahun 2018-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari beberapa perusahaan yang mengalami financial distress khususnya pada perusahaan industri batu bara yang dipengaruhi pandemi COVID-19. Financial distress sendiri merupakan kondisi dimana suatu perusahaan mengalami kesulitan keuangan yang serius, yang dapat mengancam kelangsungan operasionalnya. Financial distress ditandai dengan ketidakmampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban-kewajibannya. Financial distress diduga dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya leverage, arus kas operasi, dan sales growth. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh secara parsial dan simultan dari leverage, arus kas operasi, dan sales growth terhadap financial distress pada perusahaan industri batu bara yang terdaftar di BEI tahun 2018-2022. Untuk menjawab pertanyaan penelitian di atas peneliti menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari data sekunder yang berupa data panel. Sampel diambil menggunakan teknik non-probability sampling berjenis purposive sampling. Terdapat 12 perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini dengan total data sebanyak 60 selama 5 tahun. Pada penelitian ini menggunakan metode analisis regresi logistik. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan software econometrics views atau Eviews versi 12. Pembahasan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap financial distress. Arus kas operasi juga tidak berpengaruh signifikan terhadap financial distress secara parsial. Sedangkan, sales growth secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap financial distress. Maka, diharapkan perusahaan lebih memperhatikan persentase penjualan agar terhindar dari financial distress. Kemudian, secara simultan leverage, arus kas operasi, dan sales growth berpengaruh signifikan terhadap financial distress.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Leverage, Arus Kas Operasi, Sales Growth, Financial Distresss
Subjects: General Management > Financial Management
General Management > Decision Making Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Sifa Fadillah
Date Deposited: 28 Jun 2024 03:27
Last Modified: 28 Jun 2024 03:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89373

Actions (login required)

View Item View Item