Pengaruh Return On Equity (ROE), Current Ratio (CR) dan Debt To Equity Ratio (DER) terhadap pengungkapan sustainability report: Studi pada sektor perbankan syariah yang terdaftar di OJK Tahun 2020-2022

Rahayu, Neneng Indri Puji (2024) Pengaruh Return On Equity (ROE), Current Ratio (CR) dan Debt To Equity Ratio (DER) terhadap pengungkapan sustainability report: Studi pada sektor perbankan syariah yang terdaftar di OJK Tahun 2020-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (926kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Peraturan OJK No 51/POJK.03/2017, yang mewajibkan perusahaan-perusahaan selain perusahaan lingkungan untuk mengungkapkan Sustainability report, termasuk lembaga keuangan yakni perbankan syariah. Akan tetapi pada kenyataanya banyak sekali lembaga keuangan termasuk sektor perbankan syariah yang terdaftar di OJK Tahun 2020-2022 belum bisa menyajikan laporan keberlanjutan atau sering dikenal dengan sustainability report. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1) pengaruh Return on Equity (ROE) terhadap pengungkapan sustainability report, 2) pengaruh Current Rasio (CR) terhadap pengungkapan sustainability report, 3) pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) terhadap pengungkapan sustainability report, dan 4) pengaruh Return on Equity (ROE), Current Rasio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap pengungkapan sustainability report secara simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dan menghasilkan sebanyak 30 sampel. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan tahunan (annual report) dan laporan keberlanjutan (sustainability report) perbankan syariah yang terdaftar di OJK. Hasil penelitian ini menyatakan bahawa 1) Return on Equity (ROE) tidak berpengaruh terhadap pengungkapan sustainability report dengan hasil uji t sebesar 0,378 dimana nilai tersebut > 0,05 (0,378 > 0,05). 2) Current Rasio (CR) tidak berpengaruh terhadap pengungkapan sustainability report dengan hasil uji t sebesar 0,5017 dimana nilai tersebut > 0,05 (0,5017 > 0,05). 3) Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh terhadap pengungkapan sustainability report dari hasil uji t sebesar 0,0442 dimana nilai tersebut < 0,05 (0,0442 < 0,05). 4) Nilai Return on Equity (ROE), Current Rasio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) Berpengaruh secara simultan terhadap pengungkapan sustainability report Fhitung sebesar 11,90654, nilai probabilitas sebesar 0,000005 lebih kecil dari 0,05 dan adjusted R-square sebesar 0,8186. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa Return on Equity (ROE) dan Current Rasio (CR) tidak berpengaruh terhadap pengungkapan sustainability report, Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan sustainability report, dan Return on Equity (ROE), Current Rasio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan sustainability Report.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Return on Equity (ROE); Current Rasio (CR); Debt to Equity Ratio (DER); Sustainability Report;
Subjects: Administration of The Physical Plant
Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Neneng Indri Puji Rahayu Rahayu
Date Deposited: 01 Jul 2024 08:40
Last Modified: 01 Jul 2024 08:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89517

Actions (login required)

View Item View Item