Pengaruh Debt To Equity Ratio (DER), Current Ratio (CR), Total Asset Turnover (TATO) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan transportasi & logistik yang tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Periode 2013-2022

Apriliyandi, Muhammad Rafi (2024) Pengaruh Debt To Equity Ratio (DER), Current Ratio (CR), Total Asset Turnover (TATO) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan transportasi & logistik yang tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya perusahaan transportasi & logistik sebagai aspek dalam penggerak ekonomi. Dalam hal ini, perusahaan mesti tetap tumbuh dan berkembang agar dapat mempertahankan kepercayaan terhadap investor. Dengan adanya kinerja perusahaan dalam laporan keuangan, perusahaan diharapkan mampu mengelola modal yang dimilki secara optimal agar efektif dan efisien untuk memperoleh laba yang maksimal. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisa dan mendeskripsikan pengaruh Debt to Equity Ratio, Current Ratio, Total Asset Turnover dan Net Profit Margin baik secara parsial maupun simultan terhadap Return on Equity Pada Perusahaan Transportasi & Logistik yang Tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Periode 2013-2022. Kerangka teori yang digunakan pada penelitian ini merujuk pada teori dengan didasari agency theory dan signalling theory yang menyatakan bahwa ketika DER dan CR mengalami kenaikan maka ROE akan menurun, sedangkan ketika semakin tinggi TATO dan NPM, maka semakin tinggi pula pengaruhnya terhadap ROE yang dimiliki. Penelitian ini memakai metode deskriptif-verifikatip dengan pendekatan kuantitatif.Jenis data kuantitas berupa angka laporan keuangan, sumber data sekunder dari laporan keuangan tahunan publikasi di website resmi masing-masing perusahaan transportasi & logistik dan menggunakan data panel.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji regresi data panel, dan uji hipotesis yaitu parsial (uji t), uji simultan (uji f),dan uji koefisien determinasi menggunakan software Eviews 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa DER secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap ROE dengan nilai thitung -3.044225 dan nilai signifikansi (p-value) = 0,0039 < 0,05,CR secara parsial tidak berpengaruh terhadap ROE dengan nilai thitung 0.334197 dan nilai signifikansi (p-value) = 0,7398 > 0,05,TATO secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap ROE dengan nilai thitung 3.553592 dan nilai signifikansi (p-value) = 0,0009 < 0,05,NPM secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap ROE dengan nilai thitung 3.578329 dan nilai signifikansi (p-value) = 0,0008 < 0,05,dan secara simultan DER,CR,TATO dan NPM berpengaruh terhadap ROE dengan nilai Fhitung 12.72815 dan nilai Prob (F-statistic) = 0,000001 < 0,05 dan koefisien determinasi sebesar 53,08% sedangkan sisanya sebesar 46,92% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Dalam konteks manajemen keuangan syariah, ada beberapa akad syariah yang mungkin memiliki dampak pada rasio DER, CR, TATO, dan NPM yaitu Mudharabah, Musyarakah, Murabahah dan Ijarah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Debt to Equity Ratio (DER); Current Ratio (CR); Total Asset Turnover (TATO); Net Profit Margin (NPM); Return on Equity (ROE)
Subjects: Accounting
General Management > Financial Management
General Management > Management of Investment, Capitalization
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Muhammad Rafi Apriliyandi
Date Deposited: 02 Jul 2024 01:12
Last Modified: 02 Jul 2024 01:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89525

Actions (login required)

View Item View Item