Pengaruh Net Sales dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Earnings Per Share (EPS) pada PT. Erajaya Swasembada Tbk yang terdaftar di JII Periode 2013-2023.

Permata, Arneta Maudy (2024) Pengaruh Net Sales dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Earnings Per Share (EPS) pada PT. Erajaya Swasembada Tbk yang terdaftar di JII Periode 2013-2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)

Abstract

Earnings Per Share merupakan salah satu alat ukur yang digunakan untuk mengukur seberapa besar keberhasilan perusahaan dalam memperoleh keuntungan yang dibagikan kepada para pemegang saham sesuai dengan proporsi kepemilikan saham tersebut. Kinerja perusahaan yang baik akan memberikan keuntungan dan kesejahteraan bagi para pemegang sahamnya. Rasio yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur pencapaian profitabilitas dan solvabilitas dalam suatu perusahaan antara lain Net Sales dan Debt to Equity Ratio. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Net Sales secara parsial terhadap Earnings Per Share (EPS), pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial terhadap Earnings Per Share (EPS) dan pengaruh Net Sales , Debt to Equity Ratio (DER) secara simultan terhadap Earnings Per Share (EPS) di PT Erajaya Swasembada Tbk, Periode 2013-2023. Kerangka berfikir yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada teori apabila Net Sales mengalami peningkatan, maka Earnings Per Share (EPS) akan mengalami kenaikan. Namun, jika variabel Debt to Equity Ratio (DER) mengalami peningkatan, maka Earnings Per Share (EPS) akan mengalami penurunan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis yang digunakan adalah Uji Asumsi Klasik, Analisis Deskriptif, Analisis Regresi Linier (sederhana dan berganda). Analisis Korelasi Pearson Product Moment (PPM), Analisis Koefisien Determinasi, dan Analisis Hipotesis (Uji T dan Uji F). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS For Windows Version 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Net Sales secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Earnings Per Share (EPS) dengan koefisien determinasi 71.8%, dan thitung 4,787. Sedangkan, Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial tidak berpengaruh signifikan dengan koefisien determinasi 0,1% dan thitung -0,069. Pada hal yang sama Net Sales dan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh simultan secara signifikan terhadap Earnings Per Share (EPS) yakni Fhitung 12,976. dan koefisien determinasi 76,4%, sisanya 23,6% merupakan presentase dari faktor lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Debt to Equity Ratio (DER); Earnings Per Share (EPS); Net Sales
Subjects: Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Arneta Maudy Permata
Date Deposited: 02 Jul 2024 03:48
Last Modified: 02 Jul 2024 03:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89618

Actions (login required)

View Item View Item