Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Jakarta International Hotels & Development Tbk. periode 2013-2022

Firdausi, Yuana Rizki (2024) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Jakarta International Hotels & Development Tbk. periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Cover Skripsi.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
6. Abstrak Skripsi new.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
9. Daftar Isi Skripsi new.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I Skripsi new.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II Skripsi new.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Skripsi new.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV Skripsi new.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V Skripsi new.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka Skripsi new.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh terjadinya fluktuasi pada variabel Current Ratio (CR), Debt To Asset Ratio (DAR) dan Return on Equity (ROE) pada PT. Jakarta International Hotels & Development Tbk. Periode 2013-2022. Hal ini terjadi karena adanya situasi ekonomi yang terus berubah, diantara salah satu penyebabnya adalah Covid-19. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk, 1) mengetahui dan menganalisi pengaruh Current Ratio (CR) terhadap Return on Equity (ROE) secara parsial; 2) mengetahui dan menganalisis pengaruh Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap Return on Equity (ROE) secara parsial; dan 3) mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh Current Ratio, Debt to Asset Ratio terhadap Return On Equity secara simultan pada PT. Jakarta International Hotels & Development Tbk. Kerangka teori yang digunakan pada penelitian ini merujuk pada teori yang menyatakan bahwa Perusahaan yang memiliki Current Ratio (CR) semakin tinggi, maka semakin mudah perusahaan membayar hutang, sehingga Tingkat likuiditas perusahaan akan semakin baik. Jika Debt to Asset Ratio (DAR) perusahaan meningkat dibandingkan dengan periode yang sebelumnya, otomatis jumlah hutang lebih besar dari modal sendiri yang dimiliki perusahaan. Maka biaya yang ditanggung oleh perusahaan untuk pemenuhan kewajiban akan semakin besar hingga menyebabkan Return on Equity (ROE) semakin menurun, begitu pula sebaliknya. Metode penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif serta pendekatan kuantitatif. Data yang diambil ialah data sekunder berupa laporan keuangan pada PT. Jakarta International Hotels & Development dari tahun 2013 hingga 2022. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik yang diantaranya terdapat uji normalitas; uji multikolinearitas; uji heteroskedastisitas; dan uji autokorelasi, koefisien determinasi, serta uji parsial (Uji t) dan uji Simultan (Uji f). Dalam penelitian ini hasil kesimpulan yakni sebagai berikut: 1) Current Ratio (CR) memiliki pengaruh secara parsial terhadap Return on Equity (ROE) dengan nilai thitung 3,686 > 2,306 ttabel. 2) Debt to Asset Ratio (DAR) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Return on Equity (ROE) dengan nilai thitung 2,979 > 2,306 ttabel. 3) Selanjutnya Current Ratio (CR), Debt to Asset Ratio (DAR) mempunyai pengaruh signifikan secara simultan terhadap Return on Equity (ROE) dengan nilai fhitung 16,830 > 4,47 ftabel. Dalam konsep Manajemen Keuangan Syariah hasil ini sesuai dengan prinsip- prinsip Syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Debt to Asset Ratio; Return on Equity
Subjects: Econmics
Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Yuana Rizki Firdausi
Date Deposited: 04 Jul 2024 05:46
Last Modified: 04 Jul 2024 05:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89623

Actions (login required)

View Item View Item