Pengaruh akuntabilitas dan transparansi laporan keuangan terhadap kepercayaan wakif untuk berwakaf: Studi kasus wakaf terpadu Daarut Tauhiid kota Bandung

Mesarvinoilifah, Shellia (2024) Pengaruh akuntabilitas dan transparansi laporan keuangan terhadap kepercayaan wakif untuk berwakaf: Studi kasus wakaf terpadu Daarut Tauhiid kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Lembaga Wakaf Terpadu Daarut Tauhiid merupakan lembaga swasta yang mengelola dan menghimpun dana wakaf dari para wakif. Lembaga Wakaf Terpadu Daarut Tauhiid mengalami penurunan pada tahun 2021-2022 yang menunjukkan fluktasi yang kurang baik dan pada tahun 2022 – 2023 mengalami peningkatan jumlah penerimaan dana wakaf yang menunjukkan fluktasi yang baik. Pada kondisi tersebut, akuntabilitas dan transparansi laporan keuangan sangat diperlukan karena dapat membantu meningkatkan kepercayaan wakif untuk berwakaf. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh akuntabilitas terhadap kepercayaan wakif untuk berwakaf. Pengaruh transparansi laporan keuangan terhadap kepercayaan wakif untuk berwakaf. Pengaruh akuntabilitas dan transparansi laporan keuangan terhadap kepercayaan wakif untuk berwakaf. Kepercayaan wakif dipengaruhi oleh akuntabilitas dan transparansi laporan keuangan. Akuntabilitas adalah pertanggungjawaban lembaga itu sendiri atau berkaitan dengan sebuah pengelolaan lembaga yang efektif dan efisien. Transparansi adalah proses penyampaian informasi kepada masyarakat mengenai tanggungjawab tugas tertentu, sehingga masyarakat berhak mengetahui bahwa arus kas yang terkumpul telah disalurkan dengan baik. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis yang terdiri dari uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data primer dengan penyebaran kuesioner kepada seluruh sampel sebanyak 50 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial akuntabilitas berpengaruh terhadap kepercayaan wakif. Pada variabel transparansi laporan keuangan secara parsial berpengaruh terhadap kepercayaan wakif. Dan secara simultan variabel akuntabilitas dan variabel transparansi laporan keuangan berpengaruh terhadap kepercayaan wakif. Pada Uji Koefisien Determinasi diketahui nilai Rsquare 0,461 atau 46,1% yang menunjukkan bahwa akuntabilitas (X1) dan transparansi laporan keuangan (X2) memiliki proporsi nilai sebesar 46,1% terhadap kepercayaan wakif (Y). Sementara sisanya sebesar 53,9% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: akuntabilitas; transparansi laporan keuangan; kepercayaan wakif;
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: shell ia Mesarvinoilifah
Date Deposited: 03 Jul 2024 01:27
Last Modified: 03 Jul 2024 01:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89655

Actions (login required)

View Item View Item