Pengaruh Return On Asset (ROA), Net Profit Margin (NPM) dan Price Earning Ratio (PER) terhadap harga saham pada perusahaan sub sektor telekomunikasi periode 2015-2022

Juliya, Intan (2024) Pengaruh Return On Asset (ROA), Net Profit Margin (NPM) dan Price Earning Ratio (PER) terhadap harga saham pada perusahaan sub sektor telekomunikasi periode 2015-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTAK)
abstrak.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1.pdf

Download (934kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah adanya fluktuasi yang terjadi pada variabel Return On Asset (ROA), Net Profit Margin (NPM), dan Price Earning Ratio (PER) selama delapan tahun pada perusahaan sub sektor telekomunikasi.Perusahaan mengalamai fluktuatif dan ketidakstabilan setiap tahunnya yang diduga dapat mempengaruhi variabel Harga Saham sehingga muncul masalah berupa inkonsisten variabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh parsial dan simultan dari variabel Return On Asset (ROA), Net Profit Margin (NPM), dan Price Earning Ratio (PER) Terhadap Harga Saham Sub Sektor Telekomuniksi Periode 2015-2022. Dalam penelitian ini variabel independen yang digunakan adalah variabel Return On Asset (ROA), Net Profit Margin (NPM), dan Price Earning Ratio (PER), sedangkan variabel dependennya adalah variabel Harga Saham. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah sepuluh perusahaan dari dua puluh satu populasi perusahaan, yang dipilih berdasarkan metode purporive sampling. Untuk memecahkan masalah yang terdapat pada penelitian menggunakan teknik analisis data panel dengan menggunakan Eviews 12. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa annual report perusahaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Return On Asset secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel harga saham, karena memiliki nilai thitung = 2,365090  ttabel = 1,66515. Variabel Net Profit Margin secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel harga saham, karena memiliki nilai thitung = 2,011814  ttabel = 1,66515. Serta variabel Price Earning Ratio secara parsial tidak berpengaruh terhadap harga saham, karena memiliki thitung = 1,190879 < 1,6651. Sedangkan secara simultan variabel Return On Asset,Net Profit Margin dan Price Earning Ratio memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel harga saham dengan diperolehnya nilai Fhitung = 12,5319 dan Ftabel = 2,72 , maka nilai Fhitung > Ftabel dan nilai probabilitas sebesar 0,000000. Hasil pengujian koefisien determinasi (R-square) sebesar 0,691788 atau 69,51%, artinya hubungan antar variabel yang ada pada penelitian ini memiliki hubungan yang kuat dan sisanya 30,9% dijelaskan oleh variabel eksternal diluar dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Return On Asset (ROA); Net Profit Margin (NPM); Price Earning Ratio (PER); dan Harga Saha
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Intan Juliya
Date Deposited: 03 Jul 2024 10:11
Last Modified: 03 Jul 2024 10:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89745

Actions (login required)

View Item View Item