Pengaruh Dividend Yield, Dividend Payout Ratio, dan Earning Volatility terhadap volatilitas harga saham pada Perusahaan Sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022

Prasetio, Muhamad Kahfi Dwi (2024) Pengaruh Dividend Yield, Dividend Payout Ratio, dan Earning Volatility terhadap volatilitas harga saham pada Perusahaan Sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (898kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)

Abstract

Perkembangan ekonomi menjadi indikator yang dapat dipergunakan untuk mengukur serta menilai keberhasilan suatu negara. Namun untuk mencapai perkembangan ekonomi banyak permasalahan yang akan terjadi, salah satu permasalahan yang terjadi adalah adanya volatilitas pada perekonomian di Indonesia, hal tersebut juga berpengaruh dalam dunia berinvestasi, seperti: harga saham, likuiditas suatu perusahaan, dan juga kondisi perusahaan saat membagikan dividen saham mereka. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengukur keputusan investasi dengan melihat Dividend Yield untuk menunjukan pengembalian dividen yang diterima oleh investor, Dividend Payout Rasio untuk mengukur porsi pembayaran dividen perusahaan yang terhitung, dan Earning Volatility untuk mengukur seberapa stabil laba yang didapat perusahaan setiap tahunnya terhadap volatilitas harga saham di pasar modal. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif verifikatif dan metode kuantiatif. Data yang digunakan yaitu data sekunder dan data panel, dengan populasi sebanyak 64 perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI dengan menggunakan purposive sampling maka sampel penelitian yang digunakan yaitu 11 perusahaan perbankan. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Dividend Yield berpengaruh negatif dan signifikan terhadap volatilitas harga saham, sedangkan Dividend Payout Rasio dan Earning Volatility berpengaruh positif dan signifikan terhadap volatilitas harga saham. Secara simultan variabel independen berpengaruh dan signifkan terhadap return saham dengan Koefiesien Determinasi sebesar 56,33%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dividend Yield; Dividend Payout Rasio; Earning Volatility; Volatilitas Harga Saham
Subjects: Econmics
Public Finance
General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: MUHAMAD KAHFI DWI PRASETIO
Date Deposited: 04 Jul 2024 01:26
Last Modified: 04 Jul 2024 01:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89796

Actions (login required)

View Item View Item