Pengaruh implementasi akuntansi zakat berdasarkan PSAK. 109 dan transparansi terhadap akuntabilitas laporan keuangan: Studi kasus Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Jawa Barat

As-Salimah, Middah Rahmah (2024) Pengaruh implementasi akuntansi zakat berdasarkan PSAK. 109 dan transparansi terhadap akuntabilitas laporan keuangan: Studi kasus Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (977kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penyajian laporan keuangan pada BAZNAS Provinsi Jawa Barat masih belum sepenuhnya sesuai dengan revisi PSAK. 109. Selain itu, BAZNAS Provinsi Jawa Barat belum mempublikasikan laporan keuangan di website resminya secara keseluruhan. Dengan adanya kesenjangan tersebut menyebabkan masyarakat semakin menuntut BAZNAS Provinsi Jawa Barat untuk membuktikan akan akuntabilitas laporan keuangan yang sesuai dengan PSAK. 109 serta mempublikasikannya kepada publik. Pada kondisi tersebut, pengetahuan akuntansi sangat diperlukan karena dapat membantu menyusun laporan keuangan, sehingga BAZNAS Provinsi Jawa Barat dapat meningkatkan akuntabilitas laporan keuangannya dengan cara menyediakan informasi keuangan yang jelas, akurat dan dapat diakses oleh berbagai pihak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis; 1) Pengaruh Implementasi Akuntansi Zakat Berdasarkan PSAK. 109 Terhadap Akuntabilitas Laporan Keuangan (Studi Kasus BAZNAS Provinsi Jawa Barat). 2) Pengaruh Transparansi Terhadap Akuntabilitas Laporan Keuangan (Studi Kasus BAZNAS Provinsi Jawa Barat). 3) Pengaruh Implementasi Akuntansi Zakat Berdasarkan PSAK. 109 dan Transparansi Terhadap Akuntabilitas Laporan Keuangan (Studi Kasus BAZNAS Provinsi Jawa Barat). Akuntabilitas laporan keuangan dipengaruhi oleh implementasi akuntansi zakat berdasarkan PSAK. 109 dan transparansi. Akuntansi zakat berdasarkan PSAK. 109 adalah proses pengakuan, pengukuran, penyajian dan pengungkapan transaksi dana ZIS. Sedangkan, transparansi adalah konsep yang merujuk pada keterbukaan, kejelasan dan akuntabilitas dalam proses atau kebijakan entitas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Pendekatan kuantitatif bertujuan untuk menguji seberapa besar variabel Y dipengaruhi oleh variabel X1 dan X2, kemudian hasil tersebut dianalisis melalui metode deskriptif. Sampel penelitian ini yaitu sebagian pegawai BAZNAS Provinsi Jawa Barat yang berjumlah 30 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) hasil uji parsial (uji t) implementasi akuntansi zakat berdasarkan PSAK. 109 berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas laporan keuangan (Studi Kasus BAZNAS Provinsi Jawa Barat), 2) hasil uji parsial (uji t) transparansi berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas laporan keuangan (Studi Kasus BAZNAS Provinsi Jawa Barat, 3) hasil uji simultan (Uji F) implementasi akuntansi zakat berdasarkan PSAK. 109 dan transparansi berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas laporan keuangan (Studi Kasus BAZNAS Provinsi Jawa Barat).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Akuntansi Zakat Berdasarkan PSAK. 109; Transparansi; Akuntabilitas Laporan Keuangan
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Middah Rahmah As-Salimah
Date Deposited: 04 Jul 2024 02:10
Last Modified: 04 Jul 2024 02:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89810

Actions (login required)

View Item View Item