Pengaruh sistem pemungutan PBB-P2 terhadap penerimaan pajak daerah pada kantor BAPENDA Kabupaten Bandung tahun 2019-2023

Fauzi, Nurul Khotimah (2024) Pengaruh sistem pemungutan PBB-P2 terhadap penerimaan pajak daerah pada kantor BAPENDA Kabupaten Bandung tahun 2019-2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (504kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy

Abstract

Sistem atau teknik pemungutan pajak harus diperhatikan dalam upaya meningkatkan penerimaan pajak. Dalam penelitian ini, peneliti akan meneliti salah satu sistem pemungutan pajak daerah yaitu khususnya Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2). Karena dari permasalahan yang ada dibandingkan dengan jenis penerimaan pajak lainnya, kontribusi Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) cukup besar, namun penerimaan terhadap Pendapatan Pajak Daerah masih kurang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sistem pemungutan PBB-P2 terhadap penerimaan pajak daerah pada kantor BAPENDA Kabupaten Bandung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian asosiatif. Secara simultan variabel Sistem Pemungutan PBB-P2 (X) terbukti mempengaruhi variabel Penerimaan Pajak Daerah (Y) , sebesar 0,649. Hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel sistem pemungutan PBB-P2 terhadap variabel penerimaan pajak daerah sebesar 64,9 %. Sisanya 35,1 % terdapat pada faktor lain. Dimensi Pendataan Wajib Pajak mempengaruhi Penerimaan Pajak Daerah secara signifikan dengan nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel (5,628 > 2,056). Dimensi Pendaftaran Wajib Pajak mempengaruhi Penerimaan Pajak Daerah secara signifikan. Hal ini didukung oleh pengujian uji t yang diperoleh nilai hitungnya sebesar (6,483 > 2,056). Dimensi pengiriman Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT), dari pengujian Uji-t Nilai t hitungnya untuk dimensi Pengiriman SPPT adalah sebesar 5,260 , yang lebih besar dari t tabel (2,056). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa Ha atau Hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan hasil penelitian Sistem Pemungutan PBB-P2 di BAPENDA Kabupaten Bandung belum sepenuhnya menciptakan kriteria penerimaan pajak daerah yang sesuai dengan berbagai dimensi penting yaitu, penghasilan, keadilan, efisiensi, implementasi dan sesuai sebagai pendapatan daerah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pemungutan Pajak; PBB-P2; Penerimaan Pajak Daerah
Subjects: Public Finance
Public Finance > Taxes and Taxation
Public Finance > Income Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Nurul Khotimah Fauzi
Date Deposited: 04 Jul 2024 05:07
Last Modified: 04 Jul 2024 05:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89888

Actions (login required)

View Item View Item