Pengaruh Current Ratio (CR) dan Total Assets Turnover (TATO) terhadap Return On Equity (ROE): Penelitian di perusahaan sub sektor otomotif yang tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2013-2022

Nurhalifah, Nadia (2024) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Total Assets Turnover (TATO) terhadap Return On Equity (ROE): Penelitian di perusahaan sub sektor otomotif yang tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER NADIA NURHALIFAH.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (961kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan pada nilai Return On Equity di perusahaan sub sektor otomotif yang mengalami fluktuasi. Sebagimana yang kita ketahui bahwa Return On Equity sebagai alat ukur profitabilitas perusahaan yang dipergunakan untuk mengukur keberhasilan dalam menghasilkan keuntungan bagi pemegang saham. Maka dengan adanya penelitian ini peneliti telah melakukan analisis terhadap ada tidaknya pengaruh dari kinerja keuangan yang terdiri dari Current Ratio dan Total Asset Turnover baik itu secara parsial maupun simultan terhadap Return On Equity dalam perusahaan sub sektor otomotif yang tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) pada tahun 2013-2022. Kerangka berpikir yang digunakan dalam penelitian ini pada teori yang menjelaskan bahwa jika persediaan kas yang tinggi dapat membantu perusahaan dalam meningkatakan laba dan apabila nilai Current Ratio meningkat maka nilai Return On Equity juga akan meningkat, dan begitupun sebaliknya. Penggunaan asset yang efektif dapat meningkatkan laba atas ekuitas yang sebagaimana apabila nilai Total Asset Turnover meningkat maka nilai Return On Equity akan mengalami peningkatan juga, dan begitupun sebaliknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan yaitu data sekunder dan sample yang digunakan berjumlah 4 perusahaan dari 13 populasi pada perusaahan sub sektor otomotif, dan sample tersebut dipiliih dengan menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan 4 teknis analisis yaitu: analisis desktiptif, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Current Ratio (CR) berpengaruh secara parsial terhadap Return On Equity yang ditunjukan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu sebesar 3,928 sedangkan ttabel yaitu 2,026 (2,928>2,026). Total Asset Turnover (TATO) berpengaruh secara parsial terhadap Return On Equity yang ditunjukan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu sebesar 4,250 sedangkan ttabel yaitu 2,026 (4,250 > 2,026). Sedangkan secara simultan Current Ratio (CR) dan Total Asset Turnover (TATO) terhadap Return On equity (ROE) yang ditunjukan dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu sebesar 16,446 sedangkan Ftabel yaitu 3,252 atau (16,446>3,252), maka dari itu Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan nilai koefisien determinasi sebesar 47,1% dan sisanya sebesar 52,9% dipengaruhi faktor lain, dan dalam konsep manajemen keuangan syariah hal ini mencakup prinsip larangan riba (bunga), larangan gharar (ketidakpastian), serta prinsip keadilan dan transparansi dalam bertransaksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Total Asset Turnover (TATO); Return On Equity (ROE)
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Nadia Nurhalifah
Date Deposited: 05 Jul 2024 01:15
Last Modified: 05 Jul 2024 01:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90076

Actions (login required)

View Item View Item