Perbandingan Return On Asset (ROA), Net Profit Margin (NPM), serta harga saham perusahaan sebelum dan sesudah melakukan akuisisi: Studi pada perusahaan non lembaga keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015 - 2023

Firdausya, Annisa (2024) Perbandingan Return On Asset (ROA), Net Profit Margin (NPM), serta harga saham perusahaan sebelum dan sesudah melakukan akuisisi: Studi pada perusahaan non lembaga keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015 - 2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy

Abstract

Aktivitas akuisisi diharapkan dapat terciptanya nilai tambah bagi perusahaan. nilai tambah tersebut dapat berupa, meningkatnya laba atau harga saham perusahaan. Akuisisi perusahaan merupakan pengambilalihan perusahaan dengan cara membeli sebagian atau seluruh saham mayoritas perusahaan, sehingga pengendali perusahaan diambil alih oleh perusahaan yang mengakuisisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menguji apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap profitabilitas yang diukur pada rasio Return On Assets, Net Profit Margin, dan Harga Saham perusahaan sebelum dan sesudah melakukan Akuisisi pada perusahaan non Lembaga keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015- - 2023. Sumber data penelitian ini menggunakan data sekunder, yaitu data laporan keuangan perusahaan dan harga saham perusahaan yang dipublikasikan secara umum. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pemilihan sampel menggunakan Purposive Sampling, yaitu sampel dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Terdapat enam perusahaan yang memenuhi kriteria untuk dijadikan sampel penelitian yaitu, PT Dharma Satya Nusantara, PT Merdeka Copper Gold, PT Perusahaan Gas Negara, PT Saratoga Investama Sedaya, PT Sumber Alfaria Trijaya, PT Indo-Rama Syhnthetics. Analisis komparatif yang digunakan adalah Uji Non Parametik Wilcoxon Signed Rank Test. Berdasarkan hasil perhitungan Wilcoxon Signed Rank Test dengan tingkat kepercayaan 95% menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap rasio Return On Assets (ROA) dan Harga Saham sebelum dan setelah melakukan akuisisi dengan hasil signifikansi masing – masing sebesar 0,031 untuk ROA dan 0,008 untuk Harga Saham. Kemudian tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio Net Profit Margin (NPM) dengan nilai signifikansi 0,648.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Return On Assets (ROA); Net Profit Margin (NPM); Harga Saham; Akuisisi
Subjects: Operations, Archieves, Information Centers > Acquisitions and Collection Developtment
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Auditing
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Annisa Firdausya
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:14
Last Modified: 05 Jul 2024 02:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90098

Actions (login required)

View Item View Item