Praktik jual beli Kristal dengan sistem Keruk perspektif Hukum Ekonomi Syariah : Studi kasus di Website Highlandcrystal.Com

Rosianawati, Rina (2024) Praktik jual beli Kristal dengan sistem Keruk perspektif Hukum Ekonomi Syariah : Studi kasus di Website Highlandcrystal.Com. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy

Abstract

Jual beli bukan hal baru di dalam sejarah Islam. Seiring berkembangnya zaman, metode jual belipun semakin banyak jenisnya, salah satunya adalah jual beli secara online. Jual beli online juga semakin beragam jenisnya, contohnya adalah jual beli kristal dengan sistem keruk. Namun, dalam hal ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan jual beli kristal dengan sistem keruk. Dalam Islam, barang-barang yang diperjualbelikan harus halal dan tidak melanggar prinsip-prinsip Islam. Gharar dan Maisir juga menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam suatu sistem transaksi jual beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana mekanisme jual beli kristal dengan sistem keruk di website highlandcrystal.com? (2) Bagaimana tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap praktek jual beli kristal dengan sistem keruk di website highlandcrystal.com? Penelitian ini bertitik tolak dari surat Al-Baqarah ayat 188 yang berbunyi: "Dan janganlah kamu makan harta di antara kamu dengan jalan yang batil dan (janganlah) kamu menyuap dengan harta itu kepada para hakim dengan maksud agar kamu dapat memakan sebagian harta orang lain itu dengan jalan dosa, padahal kamu mengetahui." Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dengan cara studi kepustakaan, wawancara, dan studi dokumentasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yang mana pendekatan ini bersifat deskritif dan cenderung menggunakan analisis sehingga dapat digunakan untuk memahami makna, persepsi, dan pengalaman subjektif para pelaku transaksi jual beli kristal dengan system keruk pada website highlandcrystal.com Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa website highlandcrystal.com menjual berbagai macam jenis kristal, salah satu cara pembelian kristal tersebut adalah dengan sistem keruk. Setelah ditinjau dengan menggunakan hukum ekonomi syariah, ditemukan bahwa dalam praktik jual beli tersebut terdapat unsur gharar dikarenakan ketidakpastian kualitas serta kuantitas objek yang diperjualbelikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hukum Ekonomi Syariah; Jual Beli; Kristal
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Econmics > Economists
Business
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Rina Rosianawati
Date Deposited: 09 Jul 2024 03:05
Last Modified: 09 Jul 2024 03:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90185

Actions (login required)

View Item View Item