Pengaruh Cash Flow dan Liquidity terhadap Capital Structure Pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi PT. Intiland Development Tbk periode 2016-2023

Aufa, Jovanya Nazmi (2024) Pengaruh Cash Flow dan Liquidity terhadap Capital Structure Pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi PT. Intiland Development Tbk periode 2016-2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)

Abstract

Dalam menjalankan kegiatan pada perusahaan terdapat beberapa aspek penting dalam suatu perusahaan, salah satunya adalah aspek keuangan. Pada Aspek keuangan mencakup kegiatan pengambilan keputusan pendanaan yang akan diambil perusahaan untuk membiayai kegiatan usahanya. Keputusan pendanaan suatu perusahaan yang baik dapat dilihat dari struktur modal. Perusahaan dengan penjualan yang tinggi akan meningkatkan laba perusahaan sehingga dapat memperkuat struktur permodalan itu sendiri. Sebaliknya, perusahaan dengan laba yang minim akan sulit menyelesaikan utang-utangnya sehingga akan menimbulkan kesenjangan komposisi dalam struktur modal karena pennggunaan utang terlalu banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Pengaruh Cash Flow secara parsial terhadap Capital Structure pada PT. Intiland Development Tbk. Periode 2016-2023. 2) Pengaruh Liquidity secara parsial terhadap Capital Structure pada PT. Intiland Development Tbk. Periode 2016-2023. 3) Pengaruh Cash Flow dan Liquidity secara simultan terhadap Capital Structure pada PT. Intiland Development Tbk. Periode 2016-2023. Menurut kerangka pemikiran yng digunakan dalam penelitian ini, Cash Flow memiliki pengaruh positif terhadap Capital Structure dan Liquidity pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap struktur modal. Dengan demikian, teori yang dapat disimpulkan adalah bahwa jika Cash Flow naik, maka Capital Structure pun akan megalami kenaikan dan jika Liquidity naik, maka Capital Structure akan mengalami penurunan, begitupun sebaliknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data sekunder yang digunakan berasal dari laporan keuangan PT. Intiland Developmet Tbk. Periode 2016-2023. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik, analisis uji asosiatif serta analisis signifikansi. Pengelolaan dan perhitungan data menggunakan Software SPSS for Windows versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Cash Flow secara parsial berpengaruh positif terhadap Capital Structure. 2) Liquidity secara parsial berpengaruh negative terhadap Capital Structure. 3) Cash Flow dan Liquidity secara simultan berpengaruh tidak signifikan terhadap Capital Structure. Nilai koefisien determinasi sebesar 7,7%, sedangkan sisanya sebesar 92,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cash Flow; Liquidity dan Capital Structure
Subjects: Accounting
Accounting > Auditing
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Jovanya Nazmi Aufa
Date Deposited: 05 Jul 2024 06:29
Last Modified: 05 Jul 2024 06:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90242

Actions (login required)

View Item View Item