Jumiati, Mia (2024) Pengaruh pencapaian tujuan bimbingan islami terhadap motivasi berprestasi siswa anggota Ikatan Remaja Masjid MAN 1 Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (643kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
Abstract
Madrasah menghadapi problematika tersendiri terkait dengan eksistensi siswa dalam meregulasi motivasinya meraih prestasi. Seiring berjalannya waktu, motivasi belajar dalam diri siswa mengalami kemerosotan karena beberapa faktor. Hal tersebut berdampak pada keberadaan motivasi beprestasi dalam diri siswa. Pelaksanaan Bimbingan Islami dalam ekstrakurikuler IRMA di MAN 1 Garut masih menjadi agenda rutinan yang masih masif diselenggarakan. Hal tersebut sebagai salah satu misi Madrasah dalam mewujudkan visinya yaitu menciptakan siswa yang islami, mandiri dan berprestasi. Bimbingan Islami memiliki tujuan tersendiri yang mana salah satu dari pencapaian tujuannya adalah agar siswa dapat mengetahui, memahami, lalu mengamalkan setiap apa yang telah disampaikan pembimbing yakni berupa pengetahuan berbasis Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur seberapa besar pengaruh pencapaian tujuan bimbingan islami terhadap motivasi berprestasi siswa anggota IRMA MAN 1 Garut. Khair (2014) mengemukakan teori motivasi dari perspektif Islam yang terdiri dari tiga unsur: iman, niat atau tujuan keagamaan, dan tekad. Jika seseorang kekurangan salah satu aspek, maka tidak ada inspirasi Tuhan dalam dirinya. Inspirasi Tuhan merupakan dorongan-dorongan untuk melakukan perubahan yang mana dapat disebut sebagai motivasi. Pada teori ini, tujuan keagamaan yang meliputi pengetahuan, pemahaman dan pengamalan materi bimbingan pada setiap indikator merupakan kunci agar mendapatkan inspirasi Tuhan yakni dorongan-dorongan berupa motivasi untuk beprestasi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa anggota Ikatan Remaja Masjid MAN 1 Garut. Jenis penelitian ini adalah survei dan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Keabsahan data diperoleh melali uji coba teoritis dan empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pada hasil uji parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pencapaian tujuan bimbingan islami terhadap motivasi berprestasi siswa anggota IRMA MAN 1 Garut sebesar 41,4% yang dilihat dari nilai t hitung > t tabel (5.819 > 1.677), pada signifikansi 5%. (2) pada hasil uji simultan F hitung > F tabel (33.857 > 4.048) dengan signifikansi 5%, artinya pencapaian tujuan bimbingan islami berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi siswa. Kata kunci: Bimbingan Islami, Motivasi Berprestasi, IRMA.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Islami; Motivasi Berprestasi; IRMA |
Subjects: | Education > Organization of Education |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Mia Jumiati |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 04:01 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 04:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90288 |
Actions (login required)
View Item |