Peran BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat: Studi kasus tentang program tim kuliner di Desa Nagrak Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung

Wirabumi, Rinaldi Mujahid (2024) Peran BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat: Studi kasus tentang program tim kuliner di Desa Nagrak Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, upaya tersebut dianggap cukup memadai untuk pembangunan ekonomi atau melalui program-program penanggulangan kemiskinan. Peran BUMDes sangat berpengaruh untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat melalui program yang diciptakannya, namun pada kenyataannya masih ada masyarkat yang belum sejahtera dari perannya BUMDes. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui lebih dalam tentang kegiatan Program Tim Kuliner dari BUMDes Nagrak di Taman Sanggar Indah Banjaran Desa Nagrak Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung, partisipasi masyarakat dan upaya BUMDes dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Soerjono Soekanto dimana peran adalah bagian yang dinamis berupa tindakan atau perilaku yang dilaksanakan oleh suatu orang atau lembaga yang menempati jabatan atau posisi yang tinggi. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan subjek penelitian ini adalah Sekretaris Desa Nagrak, Ketua dan Bendahara BUMDes Nagrak, pengelola taman kuliner, pelaku usaha tim kuliner. Sebagai instrumen utama dalam penelitian ini dengan dibantu pedoman observasi, pedoman wawwancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Display data, reduksi data dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) BUMDes menciptakan program tim kuliner untuk meningkatkan pendapatan masyarakat 2) masyarakat dapat menunjukkan potensi yang dimiliki mereka untuk menciptakan ekonomi kreatif 3) Peran BUMDes yang kurang mengakibatkan penurunan pendapatan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; BUMDes; Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat
Subjects: Production, Industrial Economics
Production, Industrial Economics > Efficiency Economics
Production, Industrial Economics > International Economic Development In Specific Localities
Production, Industrial Economics > International Economic Development In Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rinaldi Mujahid Wirabumi
Date Deposited: 08 Jul 2024 01:15
Last Modified: 08 Jul 2024 01:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90299

Actions (login required)

View Item View Item