Pemberdayaan ekonomi melalui Budidaya Ikan Nila : Studi deskriptif di Desa Palasarigirang Kecamatan Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi

Marsiyah, Marsiyah (2024) Pemberdayaan ekonomi melalui Budidaya Ikan Nila : Studi deskriptif di Desa Palasarigirang Kecamatan Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy

Abstract

Untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, Desa Palasarigirang di Kecamatan Kalapanunggal memiliki potensi lokal dan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan. Salah satu potensi tersebut adalah adanya lahan yang tidak dimanfaatkan secara optimal dan ketersediaan air yang cukup. Masyarakat setempat memanfaatkan lahan kosong tersebut untuk budidaya ikan nila, karena melihat kesempatan dari lahan yang tidak terpakai dan permintaan pasar yang cukup menjanjikan. Budidaya ikan nila ini mendorong pemanfaatan potensi secara optimal, meningkatkan kesejahteraan ekonomi, dan memberikan manfaat signifikan bagi masyarakat yang terlibat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Program pemberdayaan ekonomi melalui budidaya ikan nila, (2) Pelaksanaan program pemberdayaan ekonomi melalui budidaya ikan nila, dan (3) Hasil dari pelaksanaan program pemberdayaan ekonomi melalui budidaya ikan nila. Penelitian ini didasarkan pada teori pemberdayaan Edi Suharto, teori tersebut dipahami bahwasanya pemberdayaan adalah serangkaian langkah dalam mencapai tujuan yang berkelanjutan. Sebagai sebuah proses, pemberdayaan merupakan upaya untuk memperkuat keberdayaan atau kekuasaan kelompok yang rentan dalam masyarakat, termasuk individu yang mengalami ketidakmampuan ekonomi. Sebagai tujuan, pemberdayaan mengacu pada hasil yang ingin dicapai dalam perubahan sosial, yaitu masyarakat yang memiliki kemampuan atau kekuasaan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya baik secara fisik, ekonomi, maupun sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Program pemberdayaan ekonomi melalui budidaya ikan nila di Desa Palasarigirang berhasil meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial masyarakat. Program ini mendorong partisipasi aktif masyarakat melalui pelatihan, motivasi, dan insentif, yang meningkatkan pendapatan, menurunkan tingkat pengangguran, dan meningkatkan keterampilan. Faktor-faktor penting yang berkontribusi pada keberhasilan program ini termasuk komunikasi efektif, sumber daya yang memadai, partisipasi aktif masyarakat, dan struktur birokrasi yang baik. Meskipun ada kemajuan signifikan, masih ada ruang untuk perbaikan lebih lanjut guna memenuhi semua kebutuhan hidup masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Budidaya Ikan Nila; Ekonomi; Pemberdayaan;
Subjects: Econmics
Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Marsiyah Marsiyah Marsiyah
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:18
Last Modified: 08 Jul 2024 03:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90365

Actions (login required)

View Item View Item