Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik penggunaan kartu membership: Studi kasus pada membership Kawan M di media alternatif Project Multatuli

Puspitasari, Dheny (2024) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik penggunaan kartu membership: Studi kasus pada membership Kawan M di media alternatif Project Multatuli. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (392kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
9_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi dengan munculnya permasalahan pendananaan terhadap kegiatan operasional media alternatif Project Multatuli sehingga pihak Project Multatuli mensiasati dengan mengadakan program membership Kawan M yang bersifat perorangan dan berbayar. Pada sudut pandang ulama Hukum Ekonomi Syariah terdapat ulama yang melarang adanya membership berbayar yaitu seperti Lajnah Ad-Da’imah, Lembaga Fatwa Kerajaan Arab Saudi, dan Majma’ al-Fiqih al-Islami dengan alasan karena dikhawatirkan akan terdapat unsur gharar, spekulatif, dan menimbulkan perselisihan. Tujuan dari penulisan skripsi ini yaitu: 1) Untuk mengetahui serta mendeskripsikan mekanisme penggunaan membership Kawan M pada media alternatif Project Multatuli. 2) Untuk mengetahui serta menganalisis tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap praktik penggunaan membership Kawan M di media alternatif Project Multatuli. Adapun metode penelitian yang digunakan pada penulisan skripsi ini adalah metode deskriptif analitik dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder yang menghasilkan data kualitatif. Dimana data-data tersebut diperoleh melalui studi kepustakaan, studi lapangan, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan yaitu mengumpulkan data, mengklasifikasikan data, menganalisis data, dan menyimpulkan hasil temuan. Penelitian ini bertolak pada Fatwa DSN No: 62/DSN-MUI/XII/2007 Tentang Ju’alah serta terhadap kaidah-kaidah fikih, hadist, dan Al-Qur’an yang berkaitan dengan akad Ju’alah dan pendapat-pendapat ulama mengenai penggunaan membership. Berdasarkan hal tersebut pada penulisan skripsi ini ditemukan bahwa: 1) Mekanisme penggunaan membership ini dapat dilihat dari tahap awal pendaftaran sebagai membership Kawan M di laman https.//projectmultatuli.org hingga sampai calon pengguna mendapatkan notifikasi lunas bayar dan dinyatakan aktif sebagai pengguna membership Kawan M yang mana membership itu dapat digunakan untuk mendapatkan benefit yang telah dijanjikam. 2) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap penggunaan membership Kawan M pada media alternatif Project Multatuli adalah boleh dengan syarat perlu adanya perbaikan agar lebih sesuai dengan aturan Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Membership; Hukum Ekonomi Syariah; Ju’alah
Subjects: Islam > Religious Ceremonial Laws and Decisions
Private Law > Organizations, Associations Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Dheny Puspitasari
Date Deposited: 08 Jul 2024 07:58
Last Modified: 09 Jul 2024 03:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90541

Actions (login required)

View Item View Item