Pengembangan media pembelajaran pop up Book melalui Collaborative Creativity berbantuan Blender 3D untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa

Wilda, Wilda (2024) Pengembangan media pembelajaran pop up Book melalui Collaborative Creativity berbantuan Blender 3D untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)

Abstract

Siswa SMP kesulitan dalam memahami konsep matematika yang abstrak dan membutuhkan dukungan visualisasi dalam pembelajaran. Media Pop up book berbantuan Blender 3D dikembangkan dengan prinsip dapat memvisualisasikan materi matematika. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) bagaimana keterlaksanaan pengembangan media Pop up book berbantuan Blender 3D; (2) validitas dari media Pop up book berbantuan Blender 3D; (3) praktikalitas dari media Pop up book berbantuan Blender 3D; (4) efektivitas dari media Pop up book berbantuan Blender 3D. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang dilakukan di SMP Negeri 4 Sukabumi. Hasil penelitian menunjukkan validitas media sangat valid oleh ahli media dengan persentase 93%, validitas materi pada kategori sangat valid oleh ahli materi dengan persentase 96%, dan validitas bahasa pada kategori valid oleh ahli bahasa dengan persentase 80%. Efektivitas media mendapatkan hasil efektif menggunakan effect size diperoleh 2,986 dengan interpretasi 79% dengan kategori tinggi. Praktikalitas media mendapatkan kategori sangat praktis dengan persentase sebesar 96% pada skala kecil, persentase 90% dengan kategori sangat praktis pada skala besar, dan persentase 91% dengan kategori skala besar pada pengujian desiminasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan media; pop up book; kemampuan berpikir kreatif matematis; collaborative creativity; Blender 3D
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Physics > Theories and Mathematical Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Wilda Wilda
Date Deposited: 08 Jul 2024 08:29
Last Modified: 08 Jul 2024 08:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90545

Actions (login required)

View Item View Item