Wilda, Wilda (2024) Pengembangan media pembelajaran pop up Book melalui Collaborative Creativity berbantuan Blender 3D untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (362kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (843kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
Abstract
Siswa SMP kesulitan dalam memahami konsep matematika yang abstrak dan membutuhkan dukungan visualisasi dalam pembelajaran. Media Pop up book berbantuan Blender 3D dikembangkan dengan prinsip dapat memvisualisasikan materi matematika. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) bagaimana keterlaksanaan pengembangan media Pop up book berbantuan Blender 3D; (2) validitas dari media Pop up book berbantuan Blender 3D; (3) praktikalitas dari media Pop up book berbantuan Blender 3D; (4) efektivitas dari media Pop up book berbantuan Blender 3D. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang dilakukan di SMP Negeri 4 Sukabumi. Hasil penelitian menunjukkan validitas media sangat valid oleh ahli media dengan persentase 93%, validitas materi pada kategori sangat valid oleh ahli materi dengan persentase 96%, dan validitas bahasa pada kategori valid oleh ahli bahasa dengan persentase 80%. Efektivitas media mendapatkan hasil efektif menggunakan effect size diperoleh 2,986 dengan interpretasi 79% dengan kategori tinggi. Praktikalitas media mendapatkan kategori sangat praktis dengan persentase sebesar 96% pada skala kecil, persentase 90% dengan kategori sangat praktis pada skala besar, dan persentase 91% dengan kategori skala besar pada pengujian desiminasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan media; pop up book; kemampuan berpikir kreatif matematis; collaborative creativity; Blender 3D |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Physics > Theories and Mathematical Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Wilda Wilda |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 08:29 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 08:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90545 |
Actions (login required)
View Item |