Pengaruh Dividen Payout Ratio dan Leverage terhadap Book Value pada PT. Bumi Resources Tbk yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2013-2022

Maharani, Bilqis (2024) Pengaruh Dividen Payout Ratio dan Leverage terhadap Book Value pada PT. Bumi Resources Tbk yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1 .pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2 pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3 pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4 pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5 pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh Dividen Payout Ratio dan Leverage memiliki dampak terhadap Book Value di PT Bumi Resources. Book Value dianggap sebagai parameter penting bagi investor atau calon investor untuk mengevaluasi performa perusahaan. Berdasarkan teori, Dividen Payout Ratio yaitu persentase laba yang dibagikan kepada pemegang saham umum dari laba yang diperoleh perusahaan. Sementara itu, Leverage adalah rasio yang dapat menunjukan kemampuan dari suatu perusahaan untuk memenuhi segala kewajiban finansial dari perusahaan tersebut seandainya perusahaan tersebut dilikuidasi. Besarnya keuntungan perusahaan mengindikasikan semakin tinggi manfaat yang diberikan kepada para pemegang saham. Meskipun demikian, hasil perhitungan penulis tidak sesuai dengan harapan yang timbul dari konsep teoritis yang dilakukan. Tuiuan Penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui seberapa besar pengaruh Dividen Payout Ratio terhadap Book Value di PT Bumi Resources secara parsial, (2) mengetahui seberapa besar pengaruh Leverage terhadap Book Value di PT Bumi Resources secara Parsial, dan (3) mengetahui seberapa besar pengaruh Dividen Payout Ratio dan Leverage terhadap Book Value secara simultan pada PT. Bumi Resources Periode 2013-2022. Penelitian ini menggunakan Metode strategi kuantitatif dengan analisis deskriptif. Data yang dipergunakan bersumber dari laporan keuangan PT. Bumi Resources selama periode 2013-2022. Analisis yang dilakukan menggunakan metode regresi linier berganda, uji T, dan uji F untuk mengevaluasi pengaruh variabel secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Dividen Payout Ratio secara parsial tidak memiliki pengaruh terhadap Book Value dengan nilai Koefisien Determinasi sebesar 1,1% sedangkan 98,9% sisanya dijelaskan oleh faktor lainnya. Selanjutnya (2) Leverage secara parsial tidak memiliki pengaruh terhadap Book Value dengan nilai Koefisien Determinasi sebesar 0,6% sedangkan 99,4% sisanya dijelaskan oleh faktor lainnya. Kemudian secara simultan diketahui bahwa (3) Dividen Payout Ratio dan Leverage tidak memiliki pengaruh terhadap Book Value pada PT Bumi Resources Periode 2013-2022 dengan nilai Koefisien Determinasi sebesar 1,5% dan 98,9% dijelaskan oleh faktor lainnya. Dalam Konsep Manajemen Keuangan Syariah hasil ini sesuai dengan prinsip-prinsip Syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dividen Payout Ratio; Leverage; Book Value
Subjects: Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: bilqis Maharani
Date Deposited: 09 Jul 2024 01:31
Last Modified: 09 Jul 2024 01:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90594

Actions (login required)

View Item View Item