Evaluasi sistem layanan dan rujukan terpadu melalui Pusat Kesejahteraan Sosial dalam penanganan keluhan kemiskinan di Kelurahan Cijerah

Nurcahyani, Tesya (2024) Evaluasi sistem layanan dan rujukan terpadu melalui Pusat Kesejahteraan Sosial dalam penanganan keluhan kemiskinan di Kelurahan Cijerah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (674kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)

Abstract

Pemerintah mengeluarkan Program Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) guna penanganan masyarakat prasejahtera. Salah satunya di Kota Bandung, fasilitator dalam penyelenggaraan SLRT yaitu Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) yang ada disetiap Kelurahan. Puskesos Kelurahan Cijerah ada kendala terhadap alur sistem pengajuan yang mengakibatkan polemik dalam pelaksanaan SLRT sehingga perlu dilakukan evaluasi mengenai sistem yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi input dalam SLRT Puskesos Kelurahan Cijerah, evaluasi process dalam SLRT Puskesos Kelurahan Cijerah, evaluasi outputs dalam SLRT Puskesos Kelurahan Cijerah, dan evaluasi outcomes dalam SLRT Puskesos Kelurahan Cijerah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori evalulasi dari Bridgman & Davis (2000), mengemukakan indikator evaluasi program kebijakan diimplementasikan berdasarkan : 1. Input, 2. Process, 3. Outputs, 4. Outcomes. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hal ini dilakukan dalam rangka pengumpulan data primer dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Selain itu, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa informasi melalui jurnal, skripsi, website yang berkaitan untuk mendukung data sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian bahwa evaluasi SLRT Puskesos Kelurahan Cijerah dalam penelitian menunjukan: 1. Hasil input Program SLRT Puskesos belum optimal dengan sumber daya manusia yang belum memadai sehingga membutuhkan personil tambahan dari masyarakat. 2. Hasil Process dapat dikatakan cukup efektif karena Puskesos Kelurahan Cijerah melakukan pengembangan dalam alur pengajuan. 3. Hasil Outputs Puskesos Kelurahan Cijerah dalam kepuasan masyarakat penerima manfaat dalam mengikuti program SLRT berjalan dengan baik. 4. Hasil Outcomes kinerja Puskesos yang efektif tetapi belum maksimal dalam penekanan angka kemiskinan di Kelurahan Cijerah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: evaluasi program kebijakan; slrt; puskesos
Subjects: Public Policy Issues in Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Nurcahyani Tesya
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:37
Last Modified: 09 Jul 2024 02:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90603

Actions (login required)

View Item View Item