Resepsi menghafal Al-Qur’an melalui metode Qolbi: Studi kasus di Pondok Pesantren Madinatul Qur’an Indonesia Ciparay Bandung

Ulumudin, Ridwan (2024) Resepsi menghafal Al-Qur’an melalui metode Qolbi: Studi kasus di Pondok Pesantren Madinatul Qur’an Indonesia Ciparay Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy

Abstract

Di satu sisi, fenomena menghafal al-Qur’an dan tumbuh suburnya pondok pesantren tahfidz yang terus bermunculan dengan seiringnya berkembang zaman. Hal ini diperlihatkan dengan antusias masyarakat sekarang untuk menghafal Al-Qur’an dari semua kalangan baik anak-anak, remaja dan bahkan lanjut usia. Sedangkan di sisi lain, banyak di jumpai orang yang menghafal al-Qur’an hanya sebatas ikut-ikutan, setoran, ingin mendapatkan ijazah dan sertifikat saja, akan tetapi tidak mengetahui hikmah, makna dan manfaatnya. Maka muncul pertanyaan bagaimana penerimaan dan manfaat yang didapatkan santri dari menghafal al-Qur’an melalui metode Qolbi di Pondok Pesantren Madinatul Qur’an Indonesia Ciparay Bandung?. Oleh karenanya, penulis akan meneliti lebih lanjut dalam “Resepsi Menghafal Al-Qur’an Melalui Metode Qolbi (Studi Kasus di Pondok Pesantren Madinatul Qur’an Indonesia Ciparay Bandung.” Penelitian ini bertujuan menelaah bagaimana penerimaan santri terhadap menghafal al-Qur’an melalui metode Qolbi dan manfaat apa saja yang didapatkan oleh santri ketika menghafal al-Qur’an melalui metode Qolbi di Pondok Pesantren Madinatul Qur’an Indonesia Ciparay Bandung. Penelitian ini berangkat dari sebuah pemikiran yaitu variabel resepsi dengan menggunakan teori resepsi fungsional yang di kemukakan Ahmad Rafiq. Variabel menghafal al-Qur’an, metode Qolbi merupakan metode menghafal al-Qur’an yang terbilang cukup baru, dan santri Madinatul Qur’an Indonesia Ciparay Bandung. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode studi kasus di Pondok Pesantren Madinatul Qur’an Indonesia Ciparay Bandung dengan di bantu teori resepsi fungsional yang di kemukakan oleh Ahmad Rafiq. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, obsevasi dan menelaah dokumen. Objek penelitian ini yaitu santri Pondok Pesantren Madinatul Qur’an Indonesia Ciparay Bandung sebagai data primer, dan dibantu dengan data-data sekunder dalam dokumentasi atau yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian yang ditemukan yaitu pertama, resepsi santri dalam menghafal al-Qur’an melalui metode Qolbi yaitu: 1) menguatkan ingatan, 2) membina karakter lebih disiplin dan rajin, 3) memanfaatkan waktu lebih baik. Kedua, manfaat yang di peroleh santri dalam menghafal al-Qur’an melalui metode Qolbi yakni: 1) membantu dalam menghafal al-Qur’an, 2) memperoleh Pahala. 3) memperoleh ketenangan dan kebahagian, 4) mengharapkan keberkahan dari menghafal al-Qur’an, baik yang bersifat material maupun immaterial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Resepsi; Menghafal Al-Qur’an; Metode Qolbi
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ridwan Ulumudin
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:02
Last Modified: 09 Jul 2024 02:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90630

Actions (login required)

View Item View Item