Konstruksi sosial terhadap peluang karier pada lulusan Sosiologi: Studi deskriptif pada mahasiswa Sosiologi angkatan 2020 FISIP Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Amanda, Yulia (2024) Konstruksi sosial terhadap peluang karier pada lulusan Sosiologi: Studi deskriptif pada mahasiswa Sosiologi angkatan 2020 FISIP Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang konstruksi sosial yang dimiliki mahasiswa sosiologi angkatan 2020 FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengenai peluang karier bagi lulusan sosiologi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya persepsi - persepsi yang berkembang di sekitar mahasiswa sosiologi mengenai peluang karier bagi lulusan sosiologi. Berdasarkan hal tersebut maka mendorong mahasiswa sosiologi untuk mengkonstruksikan pandangannya mengenai karier yang ideal bagi lulusan sosiologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konstruksi sosial yang dimiliki mahasiswa sosiologi angkatan 2020 FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengenai peluang karier bagi lulusan sosiologi. Selain itu juga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mendorong terbentuknya konstruksi sosial tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, teori konstruksi sosial yang dikemukakan oleh Peter L. Berger. Teori ini menjelaskan mengenai dasar terbentuknya konstruksi sosial, yaitu melalui realitas sosial yang secara terus menerus diciptakan oleh individu dan dialami secara bersama sehingga menimbulkan pemahaman yang subjektif bagi dirinya. Melalui teori ini juga akan dianalisis tiga tahapan dalam terbentukya konstruksi sosial yaitu eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan jenis datanya kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang didapatkan melalui proses observasi,wawancara, dan dokumentasi serta kajian pustaka. Kemudian data dianalisis melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan konstruksi sosial yang dimiliki mahasiswa sosiologi angkatan 2020 mengenai peluang karier bagi lulusan sosiologi yaitu, mahasiswa sosiologi angkatan 2020 menilai jurusan sosiologi memiliki cakupan yang cukup luas, tetapi dengan cakupan yang cukup luas tersebut juga mahasiswa sosiologi merasa bahwa kurangnya fokus atau spesifikasi. Selain itu juga mahasiswa sosiologi angkatan 2020 menilai dengan kurangnya spesifikasi jurusan sosiologi maka akan sulit menemukan pekerjaan. Disamping itu faktor - faktor yang mendasari terbentuknya konstruksi sosial ini berasal dari faktor eksternal seperti peran lingkungan keluarga, lingkungan pertemanan, lingkungan perkuliahan, media sosial, serta berasal dari masyarakat sekitar. Yang kedua faktor internal yang berasal dari pengalaman magang dan perencanaan karier yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konstruksi Sosial; Peluang Karier; Mahasiswa Sosiologi.
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions between Groups
Social Process > Social Control
Social Process > Social Norms
Education > Sociology of Education
Higher Education, Universities > Scolarships in Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Yulia Amanda
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:43
Last Modified: 11 Jul 2024 07:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90671

Actions (login required)

View Item View Item