Wibowo, Muhammad Umar (2024) Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) melalui media game sporcle untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari minat siswa: Penelitian quasi eksperimen di SMA Mekar Arum Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (459kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (553kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis (KPKM) siswa perlu ditingkatkan karena penting untuk keterampilan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan KPKM dengan menggunakan model Teams Games Tournaments melalui Sporcle (TGTS). Model TGTS dipilih karena menggabungkan unsur kompetisi dan permainan yang dapat meningkatkan partisipasi serta minat belajar siswa. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan populasinya adalah seluruh siswa MIPA kelas X sebanyak dua kelas sedangkan sampelnya ialah siswa X MIPA 1 sebagai kelas Eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan KPKM yang signifikan antara siswa yang belajar menggunakan model TGTS dan siswa yang menerima model konvensional. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam KPKM antara siswa yang belajar melalui model TGTS dan mereka yang belajar dengan metode konvensional. Hasil menunjukkan bahwa tidak terdapat efek interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran TGTS dan tingkat minat belajar siswa terhadap KPKM. Hal ini mengindikasikan bahwa model TGTS berdampak positif pada pemahaman konsep matematis siswa secara konsisten, tanpa dipengaruhi oleh tingkat minat belajar mereka, baik tinggi, sedang, atau rendah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konsep Matematis; Teams Games Tournaments Sporcle (TGTS); Minat Belajar |
Subjects: | Education > Philosophy and Theory of Education Mathematics > Philosopy and Theory of Mathematics Applied mathematics > Game Theory Mathematics Education and Research of History |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Muhammad Umar Wibowo |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 04:05 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 04:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90722 |
Actions (login required)
View Item |