Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) melalui media game sporcle untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari minat siswa: Penelitian quasi eksperimen di SMA Mekar Arum Cileunyi

Wibowo, Muhammad Umar (2024) Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) melalui media game sporcle untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari minat siswa: Penelitian quasi eksperimen di SMA Mekar Arum Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (459kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis (KPKM) siswa perlu ditingkatkan karena penting untuk keterampilan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan KPKM dengan menggunakan model Teams Games Tournaments melalui Sporcle (TGTS). Model TGTS dipilih karena menggabungkan unsur kompetisi dan permainan yang dapat meningkatkan partisipasi serta minat belajar siswa. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan populasinya adalah seluruh siswa MIPA kelas X sebanyak dua kelas sedangkan sampelnya ialah siswa X MIPA 1 sebagai kelas Eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan KPKM yang signifikan antara siswa yang belajar menggunakan model TGTS dan siswa yang menerima model konvensional. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam KPKM antara siswa yang belajar melalui model TGTS dan mereka yang belajar dengan metode konvensional. Hasil menunjukkan bahwa tidak terdapat efek interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran TGTS dan tingkat minat belajar siswa terhadap KPKM. Hal ini mengindikasikan bahwa model TGTS berdampak positif pada pemahaman konsep matematis siswa secara konsisten, tanpa dipengaruhi oleh tingkat minat belajar mereka, baik tinggi, sedang, atau rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematis; Teams Games Tournaments Sporcle (TGTS); Minat Belajar
Subjects: Education > Philosophy and Theory of Education
Mathematics > Philosopy and Theory of Mathematics
Applied mathematics > Game Theory Mathematics
Education and Research of History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Umar Wibowo
Date Deposited: 09 Jul 2024 04:05
Last Modified: 09 Jul 2024 04:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90722

Actions (login required)

View Item View Item